Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

UPDATE Sepekan Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Satgas Covid-19 Bangka Belitung Ungkapkan Penyebabnya

Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung melonjak tajam selama sepekan terakhir.

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung melonjak tajam selama sepekan terakhir.

Dari Senin (28/12/2020) hingga Sabtu (2/1/2021) berdasarkan data Satgas Covid-19 kasus positif di Bangka Belitung bertambah 400 kasus.

Pada Sabtu (2/1/2021), kemarin, kasus kumulatif konfirmasi positif Covid-19 telah mencapai 2.477 dengan bertambahnya 60 kasus.

Ada tiga penyebab meningkatnya kasus di Provinsi Bangka Belitung diungkapkan oleh Satgas Covid-19 Babel.

Sekretaris Satgas Percepatan, Penanganan Covid-19, Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa menjabarkan beberapa penyebabnya, seperti kurang patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes).

"Tentu yang pertama karena kurang patuhnya masyarakat dengan prokes, seperti memakai masker, kemudian menjaga jarak atau berkumpul," jelas Mikron Antariksa, kepada Bangkapos.com, Minggu (3/1/2021).

Selain itu, ada sebab lainnya, yaitu berdasarkan hasil rapid test antigen yang dilakukan oleh penumpang saat ingin keluar Bangka Belitung.

"Ada kasus ditemukan dari hasil rapid test antigen yang dilakukan penumpang, hasilnya positif dan ketiga itu karena libur panjang ini banyak masyarakat berkumpul sehingga tertular, itu penyebab peningkatan kasus di Bangka Belitung," ungkap Mikron.

Sementara untuk tracing, Mikron menegaskan saat ini, Satgas Covid-19 Babel terus bergerak bersama kabupaten/kota hingga ke desa-desa, yang dianggap masih abai terhadap protokol kesehatan.

"Soal itu kita bergerak semuanya, memang agak abai di desa-desa, banyak juga kasus berasal dari desa, sehingga kita minta terus masyarakat desa tetap patuh terhadap penerapan protokol kesehatan ini," tegas Mikron.

Ilustrasi Corona Virus babel
Ilustrasi Corona Virus babel (Darwinsyah/BangkaPos)

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved