Breaking News:

Advertorial

DPRD Kabupaten Bangka Sahkan Perda Protokol Kesehatan Covid-19

DPRD Kabupaten Bangka menggelar rapat paripurna pengesahan rancangan pe­raturan daerah (Raperda) dan penetapan program pembentukan Peraturan daerah

bangkapos/ Ramandha
DPRD Kabupaten Bangka, saat menggelar rapat paripurna pengesahan Raperda dan penetapan Propemperda tahun 2021, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bangka, Kamis (31/12) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- DPRD Kabupaten Bangka menggelar rapat paripurna pengesahan rancangan pe­raturan daerah (Raperda) dan penetapan program pembentukan Peraturan daerah (Propemperda) tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupa­ten Bangka, Kamis (31/12/2020).

Dalam rapat paripurna ini, terdapat satu Raperda tentang protokol kesehatan (Prokes) dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19, yang resmi ditetapkan sebagai peraturan daerah (Perda) dan mulai diberlakukan pada Januari 2021.

Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar menegaskan Perda Covid-19 ini dimaksudkan untuk menekan angka kasus penyebaran Covid-19 di daerah. Dirinya juga menginginkan penerapan Perda dapat terlaksana dengan baik di Kabupaten Bangka.

“Dapat berjalan dengan maksimal menekan penyebaran Covid-19 ini. Tapi, tentunya dengan menge­depankan kepenti­ngan umum,” jelas Iskandar.

Menurutnya, Perda bersangkutan, juga memiliki kepastian hukum dan memberikan kemanfaatan untuk memutus mata rantai Covid-19, sehingga, dengan berlakunya perda prokes tersebut dapat memberikan perlindungan masyarakat dan menumbuhkan kesa­daran untuk menerapkan Prokes Covid-19.

“Raperda Prokes Covid-19 ini dapat menjadi payung hukum bagi pemerintah daerah Kabupaten Bangka untuk penanganan dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 ini. Baik di sektor sosial, ekonomi dan lain-lain,” katanya.

Bupati Bangka, Mulkan menjelaskan terdapat sejumlah aturan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 serta pemberian sanksi bahkan pidana bagi pelanggar di dalam Perda tersebut.

“Sehingga dengan adanya Perda Prokes inilah merupakan salah satu dasar untuk menegakan kedisip­linan dan memberi suatu pemahaman serta pembelajaran bagi masyarakat yang tidak disiplin dalam pena­nganan Covid-19,” jelas Mulkan.

Mulkan menambahkan Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangka, sebelumnya telah melakukan sosialisasi secara persuasif kepada masyarakat.

Termasuk, ketika Perda tersebut telah teregistrasi, juga akan segera disosialisasikan kembali kepada masyarakat.

“Kita juga tidaklah menghendaki adanya suatu penindakan terhadap masyarakat. Akan tetapi jika masyarakat tidak menaati mau tidak mau kita harus keluarkan Perda sebagai penegak disiplin (Prokes),” katanya.

Selain itu, dalam rapat pa­ripurna juga dibahas tentang disahkannya 17 Raperda dan sejumlah penetapan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun 2021, yang akan menjadi fokus Pemkab Bangka dalam melakukan pembangunan. (adv/t1/bow)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved