Breaking News:

Berita Bangka Barat

Yayan Mengais Rezeki dari Limbah Penumpang Pelabuhan Tanjungkalian Muntok

Ditengah hiruk pikuk mobilitas di pelabuhan Tanjungkalian Muntok, terdapat satu keluarga mengais rezeki dari limbah para penumpang.

Bangkapos.com/Anthoni Ramli
Yayan bersama keluarga saat memilah limbah botol plastik di pelabuhan Tanjungkalian Muntok 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ditengah hiruk pikuk mobilitas di pelabuhan Tanjungkalian Muntok, terdapat satu keluarga mengais rezeki dari limbah para penumpang.

Mereka adalah keluarga Yayan Selasa, (5/1/2021) pagi, Yayan beserta istri dan putri bungsunya berjibaku dengan bak sampah.

Dengan cekatan jemarin Yayan, memilah limbah sampah yang bisa dijadikan rupiah.

Limbah botol, menjadi pilihan keluarga ini. Sama halnya dengan potongan kardus. Semua jenis limbah itu Yayan turunkan dari bak untuk kemudian dipilah sebelum dimasukan ke dalam karung.

Sekali tiga wang dengan sang istri, yang juga cekatan memilah dan memisahkan tutup botol sebelum dimasukan kedalam karung.

Namun tidak dengan putri bungsungnya, yang hanya sesekali terlihat membantu Yayan dan Istri memilah milah limbah botol yang menjadi penopang hidup keluarga mereka.

Bocah berambut pirang tersebut, terlihat lebih banyak berlari lari di area tak jauh dari bak tempat ibu dan bapaknya mengais limbah.

Kepada harian ini, Yayan menyebut baru sekitar 4 bulan melakoni pekerjaan mengais limbah di bak sampah pelabuhan Tanjungkalian Muntok.

Minimnya, bangku pendidikan dan pengalaman kerja membuat Yayan dan keluarga tak punya pilihan, selain mencari limbah botol.

" Pagi pagi, kami boncengan betiga pakai motor kesini (Pelabuhan) nyari botol kardus, dari pada gak ada pekerjaan, jadi setiapa hari mencari di pelabuhan sinilah. Kalau disini sudah sekitar empat bulanan lah, " ujar pria kelahiran Cupat, Kecamatan Parittiga tersebut.

Halaman
12
Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved