Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tahun 2021, Ombudsman RI Bangka Belitung Giatkan Edukasi kepada Penyelenggara Pelayanan Publik

Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2021 ini akan lebih giat memberikan edukasi kepada penyelenggara publik.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Ist/Fither
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2021 ini akan lebih giat memberikan edukasi kepada penyelenggara publik.

Edukasi ini dalam hal memberikan pemahaman terkait peranan Ombudsman RI dalam mengawasi pelaksanaan pelayanan publik.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy.

"Secara umum, Ombudsman ada dua tugas, pencegahan dan pemeriksaan. Jadi hal ini, bila pemeriksaan itu terkait dengan aduan dan penanganan aduan dari masyarakat, ini akan tetap kita lanjutkan," kata Shulby, Kamis (7/1/2021).

Lebih lanjut, ia menyebutkan pihaknya akan berupaya meningkatkan kepercayaan masyarakat dan mengedukasi agar Ombudsman RI Babel ini menjadi mitra dalam menangani pengaduan masyarakat.

Sementara, tugas Ombudsman dalam hal pencegahan agar perihal potensi adanya maladministrasi pelayanan publik itu bisa dideteksi sejak dini melalui kegiatan pengkajian.

"Saya kira, ini sudah dilakukan sebelumnya. Cuma saya pikir bagi saya pribadi, ada satu PR, kami perlu mengedukasi para penyelenggara pelayan publik baik pemda, instansi vertikal di daerah agar tidak berpikir Ombudsman itu musuh," kata Shulby.

Namun, ditegaskannya Ombudsman RI bukan lembaga penegak hukum, tetapi mitra dalam memperbaiki pelayanan publik agar dapat berjalan lebih baik.

Ombudsman RI Babel tidak bisa memberikan sanksi hukum, tetapi melalui kajian yang telah dilakukan, bila ada permasalahan dalam pelayanan publik. Maka Ombudsman RI Babel akan memberikan saran untuk perbaikan.

"Edukasi yang seperti ini saya rasa penting, saya sangat ingin ini bisa terjadi dengan baik. Memberikan edukasi dan kerjasama (dalam pelaksanaan pelayanan publik lebih baik-red)," harap Shulby.

( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita )

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved