Breaking News:

Jenis-jenis Zakat dan Cara Menghitung Zakat Maal Emas, Penghasilan hingga Hasil Perdagangan

Zakat secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni zakat fitrah dan zakat maal. Berikut jenis-jenis dan cara menghitung pengeluaran zakat.

Tribun Wow
Jenis-jenis Zakat dan Cara Menghitung Zakat Maal Emas, Penghasilan hingga Hasil Perdagangan 

Jenis-jenis Zakat dan Cara Menghitung Zakat Maal dari Emas, Penghasilan hingga Hasil Perdagangan

BANGKAPOS.COM - Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima.

Zakat termasuk rukun Islam ke-4 dan menjadi salah satu unsur paling penting dalam menegakkan syariat Islam.

Zakat terdiri dari berbagai jenis.

Jenis Zakat dan Cara Penghitungannya

Dilangsir Bangkapos.com dari Baznaz.go.id, zakat secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni zakat fitrah dan zakat maal.

Zakat Fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan memasuki saat futur (berbuka puasa) pada Idul Fitri.

Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra,

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Sedangkan zakat maal adalah zakat harta yang dikenakan atas uang, emas, surat berharga, dan aset yang disewakan (Al Qur'an Surah At Taubah ayat 103, Peraturan Menteri Agama No 52/2014 dan pendapat Shaikh Yusuf Qardawi).

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved