Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelabuhan Pangkalbalam Dibangun Tahun Ini , Dianggarkan dari Dana APBN Rp 150 M Bersifat Multiyears

Kondisi Pelabuhan Pangkalbalam yang masih sangat terbatas dan hanya dapat disandari kapal berukuran di bawah 3.000 GT.

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Aktivitas bongkar barang di Pelabuhan Pangkalbalam yang akan dikembangkan oleh Pemkot Pangkalpinang bersama Pemprov Babel. Pembangunan pelabuhan yang baru pada tahun 2021 ini dianggarkan dengan dana Rp 150 miliar dari APBN bersifat multiyers. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Kondisi Pelabuhan Pangkalbalam yang masih sangat terbatas dan hanya dapat disandari kapal berukuran di bawah 3.000 GT.

Kondisi inilah yang menjadi alasan pemerintah daerah untuk mengembangkan pelabuhan yang berada di Kota Pangkalpinang.

Anggota DPRD Bangka Belitung, Fitra Wijaya, menyambut baik, pelaksanaan pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam yang akan dilakukan tahun ini.

"Ini luar biasa, kita patut berikan apresiasi kepada pak gubernur dan jajarannya," jelas Fitra, Senin (11/1/2021).

Politikus, Gerindra ini mengatakan pengembangan pelabuhan sebagai salah satu urat nadi perekonomian masyarakat ini tanpa menggunakan anggaran daerah. 

"Tentunya ini kerja keras pak gubernur akhirnya membuahkan hasil," jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan usaha Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam melobi pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Dengan, terbangunya pelabuhan ini, nantinya tentunya, akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.

"Semoga pelabuhan dapat segera terbangun dan dapat memberi banyak manfaat kepada masyarakat, Bangka Belitung," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung KA Tajuddin, mengatakan, pembangunan pelabuhan yang telah lama ditunggu-tunggu masyarakat Bangka Belitug bakal terwujud pembangunanya.

"Alhamdulillah rencana pengembangan pelabuhan Pangkalbalam yang sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Bangka Belitung segera terwujud. Dan pembangunan pengembangan pelabuhan salah satu urat nadi perekonomian masyarakat serumpun sebalai ini akan dimulai pada tahun anggaran 2021," jelas Tajuddin, kepada Bangkapos.com.

Tajuddin, mengatakan, kepastian dilaksanakannya pengembangan pelabuhan pangkalbalam tersebut setelah kepala dinas perhubungan mengkonfirmasi langsung dengan Direktur kepelabuhanan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Subagyo.

"Sehingga didapat penjelasan bahwa pengembangan pelabuhan Pangkalbalam atas arahan Menteri Perhubungan tetap dilaksanakan. Dengan skema pembiayaan melalui APBN murni pada tahun anggaran 2021 sebesar Rp 150 miliar dan akan dilanjutkan lagi pada 2022," jelasnya.

Tajuddin, menambahkan pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam tersebut bersifat multiyears.

( Bangkapos.com / Riki Pratama )

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved