Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Banjir Rob Melanda Bangka Belitung, Fasilitas Umum Rusak, Ini Lokasinya 

Sejumlah wilayah di Provinsi Bangka Belitung (Babel) diguyur hujan sejak, Selasa (12/1/2021) malam hingga Rabu (13/1/2021) siang. Akibatnya, beberapa

istimewa
Sejumlah wilayah di Provinsi Bangka Belitung diguyur hujan sejak, Selasa (12/1/2021) malam, hingga Rabu (13/1/2021) siang. Akibat kondisi tersebut membuat beberapa warga dan petugas BPBD berupaya upaya mengatasi banjir.(IST/BPBD Babel) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sejumlah wilayah di Provinsi Bangka Belitung (Babel) diguyur hujan sejak, Selasa (12/1/2021) malam hingga Rabu (13/1/2021) siang. Akibatnya, beberapa kabupaten/kota mengalami banjir rob, ketinggian air bervariasi.

Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengatakan, penyebab banjir di beberapa daerah karena intensitas hujan yang cukup tinggi dan pasangnya air laut.

"Hujan ini akan terus terjadi hingga satu minggu ke depan. Ditambah lagi dengan kondisi pasangnya air laut, mengakibatkan beberapa tempat wilayah pesisir mengalami banjir rob,"ujar Mikron kepada Bangkapos.com, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, akibat banjir rob yang melanda membuat beberapa fasilitas umum rusak diterjang banjir.

"Ada beberapa yang rusak seperti di Pantai Tanjungpendam Belitung, Kampung Opas Pangkalpinang, ada kerugian materi karena rumah yang rusak dan fasilitas umum lainya. Namun, untuk berapa nilai kerugiannya belum diketahui karena ini masih terus bergerak,"ujarnya.

Seiring adanya banjir rob, BPBP Provinsi Bangka Belitung telah melakukan banyak upaya, yaitu mulai koordinasi dengan pemerintah kota/kabupaten, hingga memberikan bantuan cepat saji ke korban bencana banjir.

"Kami juga meminta untuk pemerintah daerah untuk terus mengantisipasi dan melalui pengeras suara di masjid sudah memberikan pengumuman terkait kondisi hari ini dan besok. Karena memang pasang suratnya air laut cukup besar, sehingga perlu kesiap siagaan masyarakat," katanya. 

Mikron menjelaskan, kondisi seperti ini akan terus terjadi hingga satu pekan ke depan, curah hujan tinggi disertai pasangnya air laut di Provinsi Bangka Belitung.

Berikut Rekap Sementara Wilayah Bencana Banjir, Banjir Rob dan Genangan Air di Bangka Belitung

* Kabupaten Bangka

Halaman
123
Penulis: Riki Pratama
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved