Breaking News:

Dema IAIN SAS Bangka Belitung Lakukan Bina Desa Masyarakat di Pangkalanbatu

" Saya mendukung kegiatan bina desa mahasiswa yang dipelopori oleh Dema IAIN SAS Babel tahun 2020.

IAIN SAS Bangka Belitung
36 Mahasiswa yang tergabung dalam dewan mahasiswa (Dema) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sebanyak 36 mahasiswa yang tergabung dalam dewan mahasiswa (Dema) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS), Bangka Belitung (Babel) melakukan pembinaan masyarakat di Dusun Pangkalanbatu, Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Bangka Selatan.

Kegiatan ini merupakan Agenda Dema 2020, yakni bina desa dengan mengusung tema 'pembinaan Generasi Qurani pemberdayaan kearifan lokal melalui unsur kebebasan'.

Wakil Rektor III, IAIN SAS Bangka Belitung, Dr H Janawi MAg, menyampaikan, kegiatan ini sesuai pada Tridarma Pendidikan IAIN SAS Bangka Belitung, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Saya mendukung kegiatan bina desa mahasiswa yang dipelopori oleh Dema IAIN SAS Babel Tahun 2020. Kegiatan ini fokus pada pembinaan desa di Pangkalanbatu dan ini merupakan kegiatan Dema IAIN tahun 2020. Karena belum ada pergantian Dema IAIN SAS Babel Tahun 2021," katanya.

"Kegiatan ini bina desa pangkalan batu pada pembinaan Generasi Qurani, pembinaan kearifan lokal melalui unsur kebebasan," lanjut Janawi.

Menurut Janawi, kegiatan ini berbeda dengan yan.g telah ada seperti tahun-tahun sebelumnya. Rancangan dibuat melalui lembaga yang ada di IAIN, sasarannya adalah masyarakat Pangkalanbatu, Desa Ranggung.

Pengabdian ini melibatkan dosen Insan Habibi, dan 36 mahasiswa sehingga kedepannya program ini memiliki nilai yang baik.

" Mudah-mudahan kehadiranahasiswa satu Minggu kedepan, yakni  6-11 Januari 2021, memberikan semangat baru bagi desa dan penduduk di Pangkalanbatu, bahwa mereka tidak bergerak sendiri dan mereka dibantu oleh pihak lain termasuk IAIN," harap  Janawi.

Di sisi lain Wakil Rektor I, Dr Rusydi Sulaiman, MAg menambahkan, kegiatan seperti ini memberikan motivasi bagi mahasiswa, terutama dalam mengaktualisasi kualitas dirinya, misalnya dalam konteks penguasaan Alquran.

"Saya sangat mensuport kegiatan seperti ini apalagi dilaksanakan di Pangkalanbatu, terutama kegiatan seperti ini memberikan motivasi bagi mahasiswa kita, mengaktualkan kualitas dirinya dalam konteks penguasaan Alquran, misalnya, Alquran itu menjadi tema penting dalam kegiatan pembinaan terhadap kualitas dirinya," tegasnya.

Dia melanjutkan, dalam konteks perguruan tinggi juga tak kalah penting, sangat penting bagi penguatan lembaga IAIN SAS Bangka Belitung, karena IAIN satu-satunya pendidikan Agama Islam. Jadi kegiatan di Pangkalanbatu itu sangat identik dengan karakter kampus sebagai perguruan tinggi negeri di Babel.

"Saya sangat suport terhadap kegiatan mahasiswa lebih spesifik dihendel oleh Dewan Mahasiswa untuk tujuan pendidikan dan penguatan kelembagaan yang ada di IAIN SAS Babel," jelasnya.

"Kegiatan pembinaan ini juga merupakan bentuk sosialisasi yang sangat kuat untuk lebih dekat mengenal IAIN dan lebih memilih IAIN sebagai salah satu lembaga yg menggiring mereka ke Generasi Qur'an," katanya. (*)

Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved