Breaking News:

Ternyata KPK Beri DUkungan Calon Tunggal Kapolri Komjen Listyo, Apa Alasannya?

Ternyata KPK Beri DUkungan Calon Tunggal Kapolri Komjen Listyo, Apa Alasannya?

Kolase / Kompas.com / Tribunnews
Calon Tunggal Kapolri? Mantan Ajudan Jokowi Komjen Listyo Sigit Prabowo Bicara,Benar Pilihan Jokowi? 

BANGKAPOS.COM – Sosok calon Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo menyita perhatian. Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang kini menjabat Bareskrim Polri ternyata mendapat dukungan berbagai pihak termasuk KPK.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Kepala Badan Reserse Kriminal itu diajukan Presiden Joko Widodo kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui surat presiden yang telah diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Rabu (13/1/2021).

"Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs Lityo Sigit Prabowo," kata Ketua DPR Puan Maharani.

Tantangan

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai, salah satu tantangan Komjen Listyo jika menjadi kapolri nantinya adalah menyatukan internal Polri.

“Bukan sekadar menyatukan kelompok yang ada saja, tetapi menyatukan dalam satu visi membangun pondasi untuk masa depan Polri,” ucap Bambang ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

“Apakah Polri hanya akan jadi penjaga kepentingan rezim atau kepentingan negara,” sambung dia.

Bambang berpandangan, pemilihan Listyo oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal kapolri menimbulkan kegusaran di internal Korps Bhayangkara.

Hal itu karena Listyo, yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991, bakal “melompati” beberapa angkatan seniornya.

Halaman
1234
Editor: Teddy Malaka
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved