Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung Masih Berpotensi Hujan Lebat Selama Tujuh Hari, Berpotensi Terjadi Hidrometeorologis

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, selama tujuh sampai 10 hari kedepan.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Ilustrasi Cuaca di Jembatan Emas, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, beberapa waktu lalu. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, selama tujuh sampai 10 hari ke depan.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji, kepada Bangkapos.com, Senin (18/1/2021)

Menurut Kurniaji, secara umum potensi terjadinya bencana hidrometeorologis terjadi di Bangka Belitung, mengingat Babel sedang berada di puncak musim penghujan.

Bencana hidrometeorologi itu adalah bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameternya.

Beberapa paramater di antaranya adalah peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca esktrem seperti hujan lebat yang disertai angin kencang serta kilat atau petir, dan lain sebagainya.

Ia mengatakan, secara umum, bencana hidrometeorologi tidak hanya terjadi saat musim hujan saja, melainkan juga bisa terjadi di musim kemarau.

"Pasti ada potensi bencana Hidrometeorologi, potensinya rata di seluruh Wilayah Babel, baik Bangka dan Belitung," ungkap Kurniaji

Ia menjelaskan, kalau dari sisi meteorologi, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi selama tujuh hari kedepan masih akan tetap berpeluang hujan sedang hingga lebat.

Daerah yang masih berpotensi terjadi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kecamatan Simpang Katis, dan dapat meluas ke Kecamatan Sungai Selan, Namang, Koba, Lubuk Besar.

Serta Tukak Sadai, Air Gegas, Simpang Rimba, Payung, Toboali, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 15.30 WIB.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved