Breaking News:

SPAN-UM PTKIN Diluncurkan, IAIN SAS Bangka Belitung Siap Terima Mahasiswa Baru

Wakil Rektor I, Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. mengungkapkan bahwa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

IAIN SAS Bangka Belitung
Acara Peluncuran dan Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2021 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi, yaitu siswa/i SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.

Tujuannya agar memperoleh pendidikan tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia.

Peluncuran SPAN-UM PTKIN 2021 dilaksanakan secara luring di Kampus UIN Raden Intan Lampung, Novotel Lampung dan Tezoom meetindaring

"Evaluasi terkait minat mahasiswa. Jadi saya menghimbau kepada pihak prodi dan fakultas untuk menyiapkan persiapan yang matang. Ketiga, kita akan melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana karena kedepannya kita akan menambah kuota terutama di Jalur SPAN, sesuai dengan harapan rektor juga. Menambah kuota adalah prioritas kita, dengan sebaran yang normal antar prodi," kata Wakil Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr Rusydi Sulaiman.

"Kemudian yang keempat, terkait dengan jumlah mahasiswa, dengan kebutuhan dosen dan semangat penguatan kelembagaan kita kedepan, kita juga akan mengajukan prodi baru, misalnya di Fakultas SEI (Syariah dan Ekonomi Islam) kita sudah berencana membuka misalnya 2 prodi baru,"

"Wadek 1 Fakultas SEI sudah melakukan langkah itu dan segera akan berkoordinasi dengan LPM, dan akan dibahas. Jadi kita punya semangat untuk mengusulkan prodi baru untuk menyikapi minat dan kecenderungan calon mahasiswa," jelas Rusydi Sulaiman.

Menindaklanjuti hal itu, tim publikasi SPAN-PTKIN IAIN SAS Babel telah siapkan cara-cara sosialisasi dan promosi, baik itu menggunakan media cetak, media elektronik dan media online tentunya. Diantaranya melalui iklan pada spanduk, brosur, radio, koran, sosial media, web, kanal online, dll dalam bentuk gambar, video atau audio.

Begitu juga dengan Kusnadi, SKom, MM Pengembang Teknologi Pembelajaran yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, beliau mengatakan bahwa pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri masih tetap dilaksanakan secara online melalui laman e-Campus IAIN SAS Babel (http://ecampus.iainsasbabel.ac.id/).

Tujuannya untuk mengurangi adanya kerumunan di beberapa titik, mengurangi biaya transportasi dan mengurangi penggunaan kertas, sekaligus untuk memudahkan calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di IAIN SAS Babel.

Laman e-Campus dapat digunakan mulai dari pendaftaran ulang mahasiswa baru Jalur SPAN-PTKIN, pendaftaran mahasiswa baru Jalur UM-PTKIN dan Jalur Mandiri. Semua akan terpusat pada laman e-Campus, mulai dari info pendaftaran, syarat, jadwal pendaftaran dan lainnya.

Halaman
12
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved