Breaking News:

Tito Karnavian Ungkap Karakter Komjen Listyo Sigit Sebenarnya, Bakal Muluskah Jadi Kapolri?

Tito Karnavian Ungkap Karakter Komjen Listyo Sigit Sebenarnya, Bakal Muluskah Jadi Kapolri?

surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 

BANGKAPOS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai, calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan sosok yang cerdas dan tegas.

Listyo pernah memegang sejumlah jabatan penting, mulai dari Kapolda hingga saat ini sebagai Kabareskrim. Selain itu, menurut Tito, Listyo mempunyai pengalaman yang belum pernah ia rasakan, yakni menjadi ajudan presiden.

"Pak Sigit itu orangnya cerdas, sudah sangat paham dan matang. Bayangkan saja, pernah menjadi Kapolda, jabatan yang sangat penting di Polri, menjadi Kabareskrim," kata Tito dikutip dari keterangan tertulis, Senin (18/1/2021).

Menurut Tito, Listyo memiliki kinerja baik selama diberi amanah dan mengemban jabatan. Mantan Kapolri itu juga melihat Listyo sebagai sosok yang matang dan memiliki kepribadian.

"Ditambah dengan pengalaman beliau sebagai Kabareskrim dalam waktu yang juga lumayan panjang, satu tahun lebih, yang semua kita menyaksikan bagaimana kinerja beliau," ujarnya.

"Sehingga saya merasa bahwa meskipun berusia muda tapi matang, cukup matang pengalaman di kewilayahan, teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama dan juga pengalaman di bidang reserse," ucap Tito.

Adapun Listyo dipilih Presiden Jokowi untuk menggantikan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Nama Listyo juga telah diajukan ke DPR pada Rabu (13/1/2021) untuk diproses. Terkait hal itu, Idham Azis pun mengajak jajarannya mendukung Listyo hingga pelantikan.

“Saya mengajak kepada rekan-rekan semua untuk bergandeng tangan memberikan dukungan kepada calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo," ucap Idham, dalam keterangannya, Kamis (14/1/2021).

Sesuai peraturan perundang-undangan, Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III, sebelum DPR memberikan persetujuan atas nama calon yang diajukan Presiden.

Halaman
1234
Editor: Teddy Malaka
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved