Breaking News:

Berita Bangka Barat

Kapolres Pastikan Tak Ada Lagi Aktivitas Tambang di HL Pasir Panjang dan Kolong Mayat Jebus

AKBP Fedriansah memastikan tak ada lagi aktivitas penambangan pasir timah di kawasan Hutan Lindung (HL) Pasir Panjang dan Kolong Mayat, Jebus.

Penulis: Antoni Ramli | Editor: Dedy Qurniawan
Bangkapos.com/Anthoni Ramli
Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah beberapa waktu lalu 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah memastikan tak ada lagi aktivitas penambangan pasir timah di kawasan Hutan Lindung (HL) Pasir Panjang dan Kolong Mayat, Desa Ketap, Kecamatan Jebus.

Sejak mendapat informasi adanya aktivitas penambangan yang merambah kawasan HL tersebut, ia langsung memerintahkan unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) reskrim turun ke lokasi tambang yang beroperasi menggunakan sejumlah alat berat (PC)

" Kami pastikan tidak adalagi aktivitas penambangan timah di HL Pasir Panjang kawasan Kolong Besar dan Kolong Mayat Desa Ketap Jebus. Karena setelah dapat info ada aktivitas penambangan di kawasan, saya langsung minta unit Tipiter melakukan pengecekan. Dan hasilnya tidak ditemukan lagi adanya aktivitas penambangan di lokasi yang dimaksud," tegas Fedriansah, Kamis (21/1/2021)

Nantinya kata Fedriansah, pihaknya akan melakukan pengecekan secara berkala.

Langkah tegas ini diambil sebagai bentuk komitmen Polri dan upaya memininalisasi maraknya aktivitas penambangan di kawasan hutan tersebut.

" Ke depan kami akan melakukan pengecekan secara berkala, baik dari unit Tipiter maupun Polsek Setempat supaya apa, ke depan tidak adalagi aktivitas penambangan di dalam kawasan, karena itu tidak dibenarkan," tegasnya.

Baca juga: Pekerja Tambang Timah Tewas Tertimpa Batu di Bukit Sambung Giri

Baca juga: 193 Personel TNI Polri Disiagakan untuk Pengamanan Aktivitas PIP di Perairan Toboali 

Fendriansah juga tak segan-segan menindak dan memproses secara hukum pelaku penambang yang nekat beroperasi di kawasan itu.

" Kalau ternyata memang masih ditemukan adanya aktivitas penambangan akan kami tindak tegas dan proses sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, aktivitas penambangan timah di kawasan Hutan Lindung (HL) Pasir Panjang Tambang Besar, Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, marak terjadi, Jumat (8/1/2021) lalu

4 alat berat jenis eksavator (PC), terlihat menggaruk kawasan HL pantai Pasir Panjang Jebus.

Tak hanya Pasir Panjang, namun aktivitas penambangan yang menggunakan alat berat tersebut juga, terjadi di kawasan Kolong Mayat, Desa Ketap, Kecamatan Jebus.

Di lokasi tersebut, terdapat 5 alat berat.

Dari jumlah tersebut hanya 3 PC yang beroperasi, sementara dua lainnya dalam perbaikan. (bangkappos.com / Anthoni Ramli)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved