Breaking News:

Advertorial

Desa Sungai Buluh, Desa Sadar Wisata

Berbicara desa sadar wisata, berbicara pula progres destinasi-destinasi berpotensi yang bila dikembangkan, dirawat dan diarahkan dengan baik

Editor: nurhayati
Ist
Perangkat Pemerintahan Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat 

Pantai Bembang, Bukit Telaga Tujuh, Situs Benteng Desa Sungai Buluh, Kuliner Tradisional, dan Padi ladang, Destinasi Wisata Berpotensi

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Berbicara desa sadar wisata, berbicara pula progres destinasi-destinasi berpotensi yang bila dikembangkan, dirawat dan diarahkan dengan baik, akan menjadi sumber pendapatan yang cukup potensial.

Desa Sungai Buluh yang terletak di Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat adalah salah satu desa yang masuk menjadi kategori tersebut.

Kantor Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat
Kantor Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat (Ist)

Walaupun bukan berada di sentral kawasan wisata utama, namun disini kita akan dibuat terpesona akan keindahan dan eksotisme destinasi-destinasi wisata yang ditawarkan. Mulai dari Pantai Bembang, Bukit Telaga Tujuh, Padi Ladang, hingga Situs yang menjadi lokasi Benteng jaman kolonial.

Destinasi wisata Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Pantai Bembang
Destinasi wisata Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Pantai Bembang (Ist)

Pemerintah desa Sungai Buluh, dan masyarakat sekitar benar-benar paham potensi yang ada di desanya. Untuk itu berbagai upaya telah dilakukan seperti, membangun infrastruktur yang layak mulai dari jalan masuk, merapikan kawasan, hingga menjaga wilayah tersebut tetap asri dan jauh dari pengrusakan.

Destinasi wisata Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Bukit Telaga Tujuh
Destinasi wisata Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Bukit Telaga Tujuh (Ist)

Pj kepala desa, Ibrahim yang meneruskan sementara kepemimpinan pemerintah desa sampai terpilih nya kepala desa yang baru, sangat mendukung upaya dan program yang akan dilakukan oleh pihaknya dalam pengembangan destinasi-destinasi tersebut.
" Pemerintah desa Sungai Buluh pada tahun ini akan berupaya menyempurnakan fasilitas-fasilitas yang sudah ada, agar semakin ramah untuk wisatawan menikmati keindahan dan eksotisme dari destinasi-destinasi yang ada disini," Ujarnya.

Selain destinasi wisata yang ada di desanya, potensi padi ladang dan keberadaan kuliner tradisional akan menjadi ciri khas yang sangat kental menggambarkan Desa Sungai Buluh sebagai desa sadar wisata dan sadar perekonomian.

Makanan khas Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Pantiau Ubi
Makanan khas Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Pantiau Ubi (Ist)
Potensi padi ladang (beras merah) Desa Sungai Buluh
Potensi padi ladang (beras merah) Desa Sungai Buluh (Ist)

Dirinya menambahkan tanpa ada dukungan dan perhatian dari masyarakat serta pemerintah daerah, destinasi-destinasi wisata yang ada akan tetap biasa-biasa saja, potensi pertanian pun akan tetap begitu-begitu saja, untuk itu dirinya mengajak partisipasi seluruh pihak, terkait pengembangan pariwisata dan menghidupkan sektor pertanian untuk menjadikan desa Sungai Buluh benar-benar menjadi desa yang sadar wisata, desa yang sadar akan potensi besar sektor pertanian.

Destinasi wisata Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Situs Benteng Sungai Buluh
Destinasi wisata Desa Sungai Buluh Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Situs Benteng Sungai Buluh (Ist)

"Yang kami harapkan disini adalah partisipasi yang nyata untuk menjadikan desa Sungai Buluh ini bukan hanya masuk kategori-kategori semata, tapi benar-benar desa yang sadar akan wisata yang ada dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Serta sadar akan manfaat dari pariwisata dan sektor pertanian itu sendiri untuk menunjang perekonomian desa secara keseluruhan, supaya dari sektor-sektor ini nantinya menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) yang potensial," Pungkasnya. (Advertorial/*). 

====================================

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved