Breaking News:

Menjaga Pedagang Kecil Tetap Eksis di Tengah Gempuran Ritel Raksasa

Dalam bincang malam yang berlangsung di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Jumat (22/1/21) itu, Gubernur Erzaldi berdiskusi dengan komunitas start

Diskominfo Babel
IST 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dalam upaya menjaga pedagang kecil/warung kelontong untuk tetap bertahan dan mampu bersaing ditengah gempuran ritel modern raksasa, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel, Melati Erzaldi kembali mengundang kehadiran komunitas start-up digital dan pegiat UMKM Bangka Belitung. 

Dalam bincang malam yang berlangsung di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Jumat (22/1/21) itu, Gubernur Erzaldi berdiskusi dengan komunitas start-up digital dan pegiat UMKM, terkait kreativitas dan inovasi yang bisa mereka lakukan untuk membantu para pedagang kecil/warung kelontong serta produk lokal Babel agar tetap hidup. 

Gubernur Erzaldi dalam bincang malam tersebut mengatakan bahwa, kegiatan hari ini dilakukan berawal dari kegundahannya sebagai pimpinan daerah terhadap merebaknya ritel raksasa yang kini bukan hanya di kota saja tetapi mulai masuk ke desa-desa di beberapa kabupaten. 

Ditegaskannya, keberadaan ritel raksasa bukan hanya menimbulkan sikap konsumtif masyarakat, tetapi juga merupakan awal kekalahan produk lokal.

"Pertanyaannya adalah bagaimana produk lokal kita bisa bersaing? Sedangkan pemerintah selama ini selalu berupaya mendorong para UMKM untuk meningkatkan produksinya. Apa yang kita bina selama ini akan hancur berkeping-keping," ujarnya.

Oleh sebab itu, dalam pertemuan ini Gubernur Erzaldi meminta masukan dan ide-ide cerdas dari komunitas start-up dan pegiat UMKM yang hadir untuk memberikan solusi kepada para pedagang kecil dan masyarakat UMKM ini. 

Dengan pertemuan seperti ini, diharapkan juga dapat memunculkan tokoh atau pionir dari Babel yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat serta mampu tampil di panggung nasional atau yang sering disebut lokal hero. 

Sementara itu Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi mengatakan bahwa semua yang hadir di tempat ini adalah orang-orang yang punya hati untuk bergerak bersama merubah dan memberikan dampak positif yang besar kepada masyarakat.

Khususnya Babel Creatorium yang berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan dan profesi yang membantu UMKM di Babel. 

"Kekuatan digital sangat besar, sehingga dapat memberi pengaruh yang besar kepada masyarakat. Semoga dalam pertemuan ini dapat menghasilkan suatu action yang akan menjadi inspirasi dalam membantu masyarakat yang terdampak dari kehadiran retail raksasa," harapnya.

Halaman
12
Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved