Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Bagian dari Amal Ibadah, Relawan Gemmas Lakukan Gerakan Bersih Masjid

Relawan yang tergabung dalam Gerakan Membersihkan Masjid (Gemmas) Kampung Dul Kecamatan Pangkalan Baru, bergotong-royong bersih-bersih masjid.

Ist/Gemmas
Relawan yang tergabung dalam Gerakan Membersihkan Masjid (Gemmas) Kampung Dul Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali bergotong-royong bersih-bersih masjid. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Relawan yang tergabung dalam Gerakan Membersihkan Masjid (Gemmas) Kampung Dul Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali bergotong-royong bersih-bersih masjid

Kali ini Masjid Baitul Hasanah Desa Tanjung Gunung, Bangka Tengah menjadi tempat kegiatan bakti sosial, pada Sabtu (23/1/2021).

Mereka menyapu dan mengepel lantai, menggulung dan membersihkan karpet, mengelap jendela, membersihkan tempat wudhu hingga kamar mandi masjid. Kegiatan sosial ini dilakukan secara ikhlas dan sukarela.

"Ini bagian dari amal ibadah kita untuk memberikan manfaat kepada umat, bahwa menjaga dan merawat kebersihan masjid itu kewajiban kita semua, bukan hanya marbot atau takmir masjid," ungkap Murad Samid, Relawan Gemmas sekaligus Ketua Yayasan Arrahman Arrahiim, dalam rilis yang diterima Bangkapos.com, Minggu (24/1/2021).

Menurutnya, Gemmas lahir ketika dirinya dipercaya menjadi Ketua Yayasan Arrahman Arrahiim yang menaungi Gemmas. 

Berawal dari kebersamaan warga dalam bergotong-royong membersihkan masjid, akhirnya mereka berkomitmen untuk meneruskan kegiatan sosial tersebut. 

Giat mendatangi masjid-masjid dan musholla sekitar pun dilakukan setiap dua pekan sekali. Termasuk memenuhi permintaan dari masyarakat di luar desa yang butuh bantuan membersihkan masjid.

"Tadinya target program ini hanya di Kabupaten Bangka Tengah, tapi para relawan sekarang ada rencana untuk dilakukan se-Bangka Belitung dengan merekrut anggota lebih banyak lagi," lanjutnya.

Murad berencana, kegiatan bersih masjid dapat melibatkan jamaah setempat.

Upaya ini dilakukan agar masyarakat ikut merasa bertanggung jawab atas kebersihan dan kenyamanan rumah ibadah di wilayahnya, sehingga masjid menjadi tempat yang nyaman untuk melaksanakan ibadah dan kegiatan dakwah lainnya.

HRD salah satu rumah sakit terbesar di Bangka Belitung ini mengaku telah mewasiatkan kepada para Relawan Gemmas agar program bersih masjid berkelanjutan.

"Meskipun saya dan kawan-kawan nantinya akan berpulang, kami wasiatkan agar kegiatan ini terus berlangsung. Banyak kebaikannya di sana, agar kita lebih dekat dengan masjid," tuturnya.

Murad berharap kegiatan yang dilakukan Gemmas dapat menginspirasi banyak orang untuk lebih peduli terhadap rumah ibadah umat muslim, sehingga semakin menumbuhkan kecintaan dalam memakmurkan masjid.

Selain giat bersih masjid, Yayasan Arrahman Arrahiim memiliki kegiatan sosial lainnya yakni mengelola Bukit Pinter, yang merupakan destinasi wisata baru di Bangka Belitung

(Bangkapos.com/Rilis/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved