Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Yuk! Ikuti Webinar Bersama Menkominfo, Pengembangan BUMDes dan UMKM Berbasis Digital

Bangka Pos Group menggelar webinar Focus Group Discussion (FGD) bertema Akses Internet Mendukung Pengembangan BUMDes dan UMKM

Dok/Bangkapos.com
Harian Bangka Pos Group mengelar webinar Focus Group Discussion (FGD) bertema Akses Internet Mendukung Pengembangan BUMDes dan UMKM di Desa wilayah Bangka Belitung, Selasa (25/1/2021) pada jam 10.00 WIB - 12.00 WIB, hanya di live streaming Facebook Bangka Pos. Segera saksikan! Hadir sebagai narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD), Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerard Plate dan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Budi Arie Setiadi. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Bangka Pos Group menggelar webinar Focus Group Discussion (FGD) bertema Akses Internet Mendukung Pengembangan BUMDes dan UMKM di Desa wilayah Bangka Belitung.
Acara berlangsung, Selasa (25/1/2021) mulai pukul 10.00 WIB-12.00 WIB dan akan disiarkan secara live streaming di akun Facebook Bangka Pos.

Hadir sebagai narasumber, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate dan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi.
FGD yang direncanakan akan berlangsung dua jam ini juga dihadiri CEO Tribun Network Dahlan Dahi dan dimoderatori Pimpinan Redaksi Bangka Pos Group, Ibnu Taufik Juwariyanto dengan host Jurnalis Bangka Pos Edy Yusmanto.

Rencananya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil, Bupati Bangka Mulkan, Bupati Bangka Tengah Yuliyanto Satin, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, Bupati Bangka Barat Markus, Bupati Belitung Sahani Saleh, dan Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza ikut hadir dalam diskusi ini secara webinar.

Dipastikan acara ini juga akan diikuti oleh para kepala desa di Provinsi Bangka Belitung, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi, Kabupaten dan Kota Pangkalpinang dan masyarakat umum.

Pemimpin Redaksi Bangka Pos, Ibnu Taufik Juwariyanto mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada pemerintah daerah dan kepala daerah agar memanfaatkan alokasi dana desa secara maksimal dalam mengembangkan BUMDes dan UMKM.

“FGD ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman dan peningkatan wawasan tentang transformasi digital khususnya ekonomi digital di desa,” ujar Taufik, Senin (25/1/2021).

Taufik menjelaskan acara ini diatur sedemekian rupa untuk memberikan saran dalam memajukan dan memberikan peluang tumbuh BUMDes serta untuk meningkatkan pemasaran UMKM pada masa kini dengan memanfaatkan akses internet.

"Acara ini penting sekali bagi masyarakat terutama para kades untuk membangun sebuah peradaban baru di era digital dan banyak hal penting termasuk saran kepada pemerintah karena yang hadir adalah menteri yang berkompeten," ujar Taufik.

Sementara Pemimpin Perusahan Bangka Pos, Vivi mengatakan Bangka Pos terus berupaya memberikan informasi kepada publik terkait kemajuan desa yang ada di wilayah Bangka Belitung.

"Membangun desa adalah membangun Indonesia. Presiden Jokowi sendiri memang menegaskan pembangunan itu dimulai dari pedesaan. Jadi sampai sejauh ini desa yang membangun tentunya sudah banyak kemajuan yang terjadi," ujar Vivi.

Menurutnya, ketika desa berhasil mengembangkan potensi maka Bangka Pos akan hadir untuk memperkenalkan kemajuan desa ke publik dan desa tersebut bisa menjadi contoh inspirasi untuk desa lainnya.

"Penggunaaan dana desa pun menjadi transparan, tahu fungsinya dengan jelas. Bangka Pos beberapa tahun terakhir, mempunyai program desa membangun, dalam hal itu Bangka Pos memberikan informasi kepada publik sehingga dikenal dan bisa mendongkrak ekonomi sehingga akan lebih mudah dalam pemasarannya,” ungkapnya.

Vivi berharap semoga UMKM yang dimulai dari desa dan pengembangan yang menggunakan dana desa terus eksis dan pemasarannya luas sehingga tercipta desa dari kemandirian secara ekonomi.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved