Breaking News:

Berita Belitung Timur

Ini 10 Orang Divaksin Pertama Kali di Belitung Timur, Sekda Imbau Masyarakat Jangan Takut

Penyuntikan vaksinasi dan distribusi vaksin Covid di Kabupaten Belitung Timur akan dilaksanakan mulai Jumat (28/1/2021) hari ini.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Loading vaksin ke regrigerator di Gedung Farmasi oleh petugas Dinkes Beltim, Selasa (26/1/2021). 

BANGKAPOS.COM -- Penyuntikan vaksinasi dan distribusi vaksin Covid di Kabupaten Belitung Timur akan dilaksanakan mulai Jumat (28/1/2021) hari ini.

Direktur RSUD Beltim dr Vonny Primasari mengatakan, kesiapan pihaknya dalam pelaksanaan vaksinasi sudah hampir 100 persen.

Kepada Pos Belitung, Kamis (26/1), ia mengatakan, sudah dipilih 10 orang yang akan divaksin pertama kali. Vonny menjelaskan, mereka adalah pejabat forkopimda dan perwakilan unsur-unsur masyarakat, seperti unsur agama dan pemuda.

"Barusan kami sudah cek ruangan untuk pelaksanaan kick-off besok (hari ini). Karena kami harus memastikan orang yang sudah divaksin dengan yang belum harus keluar lewat jalur yang berbeda. Selain itu, hari ini (kemarin) juga sudah kami lakukan screening kesehatan kepada 10 penerima vaksin pertama," jelasnya

Pengecekan screening kesehatan ini berupa pemeriksaan darah dan swab antigen. Nantinya, hasil dari screening ini yang akan jadi patokan penerima itu bisa menerima vaksin atau tidak.

Sekretaris Daerah Beltim Ikhwan Fakhrozi merupakan satu di antara 10 penerima vaksin pertama di Kabupaten Beltim. Ia mengatakan dirinya tidak takut dan cemas sama sekali, karena menurutnya vaksinasi ini sudah melewati berbagai uji klinis. Oleh sebab itu, Ikhwan yakin vaksin ini bisa bermanfaat untuk pencegahan virus corona.

"Acara besok (hari ini) sebagai simbol agar masyarakat jangan takut untuk divaksinasi. Setelah besok kick-off, langsung akan didistribusikan ke tiap faskes (fasilitas kesehatan) di kecamatan untuk penyuntikan pada tenaga kesehatan," kata Ikhwan kepada Pos Belitung, Kamis (28/1/2021).

Ditemui di tempat yang sama, dari unsur keagamaan juga hadir Kepala KUA Manggar Ekocahyo Heppy. Ia melakukan screening kesehatan sebelum bakal divaksinasi.

Eko mengaku diharuskan puasa semalam sebelumnya agar pengambilan darah saat screening bisa lancar. Ia mengatakan dirinya tidak takut divaksin karena ia percaya bahwa vaksin ini juga untuk kemaslahatan umat.

"Insyaallaah vaksin ini aman, halal, dan suci. Tidak ada keraguan di dalamnya. Untuk masyarakat, ketika nanti sudah waktunya, diminta agar jangan takut divaksin. Karena ini adalah termasuk ikhtiar kita dalam pencegahan penyebaran virus corona," ucapnya. 

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved