Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pangkalpinang Kembangkan Wisata Internal, Pantai Pasir Padi Jadi Prioritas Destinasi Wisata

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang Agung Yubi Utama yang baru saja dilantik Rabu (20/1/2021) lalu berkeinginan

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Pantai Pasir Padi yang berada di Jalan Raya Pasir Padi, Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang Agung Yubi Utama yang baru saja dilantik Rabu (20/1/2021) lalu berkeinginan untuk mengembangkan wisata internal di Kota Pangkalpinang.

Menurutnya, wisata eksternal untuk sementara masih terbatasi oleh kebijakan nasional yang harus memenuhi rapid antigent dan rata-rata orang masih takut untuk bepergian.

Dengan demikian, Agung ingin fokus mengembangkan wisata internal pantai pasir padi yang selama ini sedikit sekali tersentuh namun sebetulnya sangat berpotensi.

"Kita ingin fokus dulu, bukan berarti yang lain-lain tidak kita hiraukan tapi kita harus fokuskan ke satu yaitu pasir padi. Selama ini pasir padi itukan hanya siang sajakan, sampai jam 5 sore atau sampai maghrib selesai, nah kita ingin Pasir Padi terang benderang ketika malam," kata Agung kepada Bangkapos.com, Jumat (29/1/2021).

Kata Agung, minimal lighttimenya sampai dengan jam 21:00 WIB masih bisa dimanfaatkan.

"Jadi rencana kami akan memasang lampu dari salah satu akses Citra Land sampai pasir padi itu kita pasang lampu, mungkin persepuluh meternya kita pasang jadi terang benderang dan untuk keamanan nanti Pol PP ada piketnya. Nanti kita koordinasikan dengan perhubungan bisa tidak yang lampu jalan itu kita arahkan dulu ke pasir padi," jelasnya.

Agung menyebutkan, sebetulnya keindahan Pantai Pasir Padi sudah disuguhkan dengan hamparan pantai dan pasir saja tinggal bagaimana mengemasnya lebih manrik.

"Selama ini kan gelap kalau malam, kita tidak ingin menambahkan terlalu banyak karena keindahan itu sudah ada pada pantai dan pasirnya itu aja. Paling nanti kita akan mengkonblock tanah milik kita 5,2 hektar itu," sebutnya.

Menurutnya, bagaimana bisa memindahkan puncak keramaian masyarakt yang biasanya di Alun-alun taman merdeka (ATM) ke Pantai Pasir Padi.

"Bahasanya mungkin mengalihkan keramaian ATM ke Pasir Padi. Kalai untuk tambahan lainnya mungkin nanti akan kita koordinasikan mungkin akan ada penambhan Dam untun menahan abrasi," ucapnya.

Sementara untuk destinasi wisata tematik yang saat ini selalu gencar dibangun oleh Wali Kota Pangkalpinang, kata Agung itu juga termasuk penunjang wisata baik lokal maupun Nasional.

"Tidak apa-apa semakin banyak semakin bagus, dan sekarang juga memang benar-benar diterima oleh masyarakat seperti titik nol kan, nah ini lebih mengeliatkan wisata lokal kita. Apalagi nanti akan ada duathlon olahraga atletik yang akan kita selenggarakan," bebernya.

Agung berharap, setiap wisatawan yang datang dapat mengunjungi Kota Pangkalpinang salah satunya Pasir Padi, dengan demikian otomatis jika kunjungan banyak UMKM Kota Pangkalpinang akan mengikuti bergeliat.

"Tetapi satu kata kunci protokok kesehatan harus tetap dijalankan secara ketat, jadi masyarakat tetap berwisata dengan aman dan nyaman di Pangkalpinang," harapnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved