Breaking News:

Nakes juga Harus Penuhi Syarat Ini Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19

Tidak semua Tenaga Kesehatan (Nakes) bisa divaksin meski menjadi orang pertama yang sudah ditetapkan pemerintah. Ada syarat yang harus dipenuhi.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/dok
Direktur RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Muhamad Fauzan 

Ini syarat Disuntik Vaksin Covid-19, Umur 18-60 Tahun Hingga Bukan Ibu Hamil dan Menyusui

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tenaga Kesehatan (Nakes) merupakan orang pertama yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai golongan penerima vaksin pertama di Indonesia. Namun, tidak semua orang bisa dilakukan vaksinasi.

Direktur RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Muhamad Fauzan mangatakan, memang ada ketentuannya yang bisa divaksin melengkapi persyaratan.

"Batasannya itu orang dewasa yang sehat usia 18 sampai 60 tahun, pokoknya yang dibawah 60 tahun masih bisa, kemarin kita ada Nakes yang umurnya pas 60 tahun lewat satu minggu itu tidak bisa kita berikan vaksinasi," ungkap Fauzan kepada Bangkapos.com, Minggu (31/1/2021).

Sementara bagi orang yang tidak bisa diberikan vaksin Sinovac, sebut Fauzan yaitu orang yang sudah pernah terpapar Covid-19.

Lalu, ibu hamil dan menyusui, menjalani terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, dan penderita penyakit jantung.

"Selain itu, penderita penyakit autoimun (lupus, sjogren, vasculitis), asama akut. Penderita ginjal, tensi tinggi, penderita penyakit pencernaan kronis, penderita penyakit hipertiroid, penderita kanker, kelainan darah, defisiensi imun, dan penerima transfusi," sebutnya.

Fauzan menyebutkan, beberapa orang yang memiliki penyakit tersebut tidak bisa divaksin sebab belum ada penelitian khusus terkait yang memiliki penyakit bawaan itu.

"Otomatis diambil kesimpulannya tensi yang diatas 140/90 itu tidak boleh disuntuk vaksin. Tapi sebetulnya kalau sudah banyak penelitian dan jumlah vaksin kita sudah dalam jumlah banyak kemungkinan untuk orang-orang seperti itu akan bisa," ujarnya.

Diakui Fauzan, dari 570 karyawan di RSUD Depati Hamzah sudah 370nya divaksinasi.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved