Breaking News:

Berita Pangkalpinang

MUI Bangka Belitung Siap Gaungkan Vaksin Covid-19 Halal dan Aman

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung, Dr Zayadi mengaungkan vaksin yang diharapkan dapat melawan virus corona

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung Dr Zayadi Hamzah . 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung, Zayadi mengaungkan vaksin yang diharapkan dapat melawan virus corona itu halal dan aman.

Hal ini dilakukan guna untuk melancarkan pelaksanaan vaksinisasi, agar masyarakat tidak ragu.

Gubenur Kepualuan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat audiensi dengan MUI Babel juga meminta agar MUI ikut serta mengaungkan keamanan dan kehalalan vaksin Sinovac itu.

"Kami dari MUI siap membantu dinas kesehatan, pihak provinsi dalam menyukseskan vaksin kepada masyarakat kita," ujar Zayadi, Senin (1/2/2021).

Langkah yang akan dilakukan MUI Babel, mengarah pada edukasi yang diberikan kepada masyarakat.

"Kami akan memberikan semacana sosialisasi. Tahapan vaksin itu ada di pemerintah daerah, InsyaAllah kalau dibutuhkan oleh dinas kesehatan, kami siap bantu," katanya.

MUI pusat sudah mengeluarkan fatwa kehalalan vaksin Sinovac, melalui Keputusan Fatwa Kehalalan Nomor 02 Tahun 2020.

"Bahwa vaksin itu ada dua hal, yang pertama vaksin itu sudah halal jadi dari segi perspektif agamanya sudah halal, tidak bahan-bahan turunan dari bahan yang tak halal untuk membuat vaksin Covid-19. Kemudian fasilitas yang digunakan dalam rangka memproses vaksin itu juga higenis, pastinya fasilitas itu tidak pernah digunakan untuk suatu hal yang tak halal," jelas Zayadi.

Sementara, untuk efek samping dari vaksin itu bukan dibawah wewenang Majelis Ulama Indonesia, tetapi akan dijelaskan oleh para dokter yang lebih berkompeten untuk menentukannya.

"Insyaallah, apa yang telah dilakukan MUI, yang jelas vaksin itu halal dan InsyaAllah aman," kata Zayadi.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved