Breaking News:

Ini Kata Cak Nun, Soal Pernyataan 'Islam Arogan' yang Dilontarkan Abu Janda

Budayawan Emha Ainun Najib atau kerap disapa Cak Nun akhirnya buka suara soal pernyataan "Islam Arogan" dari Permadi Arya alias Abu Janda.

Penulis: M Zulkodri (CC) | Editor: Edi Yusmanto
Twitter/kiaikanjeng
Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun. 

BANGKAPOS.COM---Budayawan Emha Ainun Najib atau kerap disapa Cak Nun akhirnya buka suara soal pernyataan "Islam Arogan" dari Permadi Arya alias Abu Janda.

Namun sebelum membahas hal itu, Cak Nun mengigatkan kecintaan atau dukungan maupun kebencian kepada seseorang tidak mengaburkan kesalahan yang diperbuat seseorang.

" Sebelum saya menangapi masuk kedalam tema yang lahir dari ucapan seseorang Islam itu arogan dari seseorang. Harus kita memakai dua prinsip," ujar Cak Nun dikutip di akun YoTube CakNun.com, Selasa (2/2/2021).

"Yang pertama seperti dikatakan Syaidina Ali apapun perkataanmu tidak peduli kamu siapa mau abu Janda, Abu Bakar, Abu Lahab, Abu duda, Abu Rokoka atau segala macam. Itu tidak penting yang penting perkataanya yang menjadi fokus kita.

Yang kedua yang perlu juga diingat , janganlah kebencian pada seseorang menjadikanmu berbuat tidak adil. Itu juga berarti janganlah kecintaan mu, persahabatanmu, kesepihakanmu dengan seseorang membuat kamu bersikap tidak adil kepada sesuatu hal," jelasnya

Dikatakan Cak Nun selama perkataan yang dilontarkan salah atau tidak berdasar, siapapun orang tersebut, termasuk Abu Janda, harus dipertanggungjawabkan.

Sebab menurut Cak Nun, penilaian kesalahan perkataan seseorang bukan diukur dari siapa yang didukung orang tersebut.

“Ini siapapun yang ngomong saya tidak peduli, tidak akan berdasarkan pada suka atau tidak suka, benci atau tidak benci,” tegasnya

Menurut Cak Nun yang penting itu adalah fokus dari permasalahan yang terjadi, yakni apa yang diucapkan bukan siapa yang mengucapkan.

Dikatakan Cak Nun soal pernyataan Islam Arogan telah salah kaprah.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved