Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Update, 6.985 Nakes Sudah Divaksin, dr Bangun Minta Sosok Ibu Beri Edukasi Tentang Vaksinasi

jumlah tenaga medis yang sudah divaksinasi di lima wilayah Bangka Belitung sudah sebanyak 6.985 orang

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Berdasarkan jumlah tenaga medis yang sudah divaksinasi di lima wilayah Bangka Belitung yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur. hingga Senin (1/2/2021) sudah sebanyak 6.985 orang

Dengan rincian jumlah penerima yang sudah vaksin di kota Pangkalpinang sebanyak 2.023 orang atau 74,72 persen dari jumlah sasaran 2.721 orang.

Jumlah penerima yang sudah vaksin di Kabupaten Bangka sebanyak 2.394 orang atau 67,06 persen dari jumlah sasaran 3.570 orang.

Jumlah penerima yang sudah vaksin di Kabupaten Bangka Barat sebanyak 733 orang atau 47,05 persen dari jumlah sasaran 1.558 orang.

Jumlah penerima yang sudah vaksin di Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 37 atau 2,73 persen dari jumlah sasaran 1.353 orang.

Jumlah penerima yang sudah vaksin di Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 580 atau 46,07 persen dari jumlah sasaran 1.259 orang.

Jumlah penerima yang sudah vaksin di Kabupaten Belitung sebanyak 962 orang atau 62,51 persen dari jumlah sasaran 1.539 orang.

Jumlah penerima yang sudah vaksin di Kabupaten Belitung Timur sebanyak 256 orang atau 21,82 persen dari jumlah sasaran 1.174 orang.

Pada kesempatan ini, Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo menilai sosok ibu mempunyai peran penting mengurangi laju penularan Covid-19.

"Sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai anggota masyarakat memiliki peran dan berkewajiban melindungi diri dan anggota lain sebagai pemantau, pengingat dan contoh teladan pembudayaan dalam menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dan 3M agar terhindar dari penularan Covid-19," jelas dr Bangun, Selasa (2/2/2021).

Untuk itu, ia mengajak agar para ibu ikut memberikan informasi yang benar bagi masyarakat khususnya pelaksanaan vaksinasi.

"Ibu harus mengambil perannya sebagai pendidik, minimal untuk anak-anak di rumah. Ada dua pesan penting yang bisa dilakukan yaitu pertama mendisiplinkan keluarga untuk rajin menjaga kebersihan diri dan menghindari kerumunan dan yang kedua yaitu membersamai keluarga atau tetangga yang teridentifikasi atau terpapar Covid-19 dengan memberikan bantuan dan semangat, dan memberikan dukungan sosial atau psikologis kepada mereka selama masa isolasi," ungkap dr Bangun.

Oleh karena itu, butuh bantuan sosok ibu bijak untuk memastikan bahwa anggota keluarga aman, dan masyarakat bisa menerima atau membantu tetangga selama masa isolasi. Serta yang penting virus tidak terekspos ke keluarga keluarga lainnya.

"Ingat pesan ibu, jangan lupa pakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak," imbau dr Bangun.

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved