Breaking News:

Berita Belitung

Banyak Pendatang Tak Urus Pindah Jiwa, Penduduk di Belitung Timur Diperkirakan Lebih Banyak

Mudiarsono mengatakan, jumlah penduduk Kabupaten Beltim bisa jadi lebih banyak dari data kependudukan.

Dok/Bangkapos.com
Ilustrasi melakukan layanan kependudukan, Sabtu (26/9/2015) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil 

BANGKAPOS.COM -- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Timur Mudiarsono mengatakan, jumlah penduduk Kabupaten Beltim bisa jadi lebih banyak dari data kependudukan.

Hal itu menurutnya karena penduduk pendatang tidak selalu mengurus pindah jiwa dan masih tetap ber-KTP asal.

Pria yang akrab disapa Yayan itu menjelaskan, jumlah penduduk Kabupaten Beltim hingga semester kedua tahun 2020, berdasarkan data kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten Beltim sebanyak 126.178 jiwa yang tersebar di tujuh kecamatan. Jumlah tersebut terdiri dari 64.895 laki-laki dan 61.283 perempuan.

Yayan juga membenarkan penyampaian data Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung beberapa waktu lalu, bahwa jumlah penduduk Kabupaten Beltim sebanyak 127 ribu jiwa lebih karena banyak penduduk Beltim yang masih ber-KTP daerah asalnya.

"Bisa saja 127 ribu karena tidak semuanya terdata dalam data kami yang 126 ribu sekian. Benar terdata sebagai penduduk Beltim, kalau yang lain benar tinggal di Beltim, tapi tidak ber-KTP Beltim. Bisa terjadi seperti itu," jelas Yayan kepada Pos Belitung, Selasa (2/2/2021).

Dia juga menyampaikan, perpindahan jiwa penduduk bukan menjadi masalah. Sebab, KTP yang diterbitkan saat ini berlaku secara nasional.

Kendati demikian, ketika ada program yang diberlakukan bagi penduduk ber-KTP Kabupaten Beltim, maka penduduk non KTP Kabupaten Beltim tidak dapat terintegrasi sebagai penerima layanan program.

Dia menambahkan, perekaman KTP semester kedua tahun 2020 sudah mencapai 99,04 persen. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved