Breaking News:

WNA Amerika Serikat Terpilih Jadi Bupati Sabu Raijua, KPU Sebut Sudah Laksanakan Tugasnya

Bupati Sabu Raijua terpilih di Pilkada 2020 bernama Orient P Riwu Kore ternyata menurut Kedubes Amerika masih tercatat sebagai warga Amerika Serikat

(Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)
Evi Novida Ginting Manik, Komisioner KPU RI saat di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA,  -  Hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Bupati Sabu Raijua menuai polemik.

Pemenang bernama Orient P Riwu Kore yang ternyata menurut Bawaslu Sabu Raijua adalah berkewarganegaraan Amerika Serikat (AS).

Menanggapi Bawaslu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Evi Novida Ginting Manik menegaskan, KPU Kabupaten Sabu Raijua sudah menyelesaikan tugasnya sesuai dengan perundang-undangan.

"KPU Sabu Raijua sudah melaksanakan tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundangan, sudah melakukan klarifikasi bersama Bawaslu. Artinya KPU Sabu Raijua bekerja transparan dan akuntabel," kata Evi kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Evi mengatakan, saat ini tidak ada sengketa hasil pemilihan kepala daerah di Sabu Raijua ke Mahkamah Konstitusi.

Selain itu, KPU Sabu Raijua juga sudah melakukan penetapan calon terpilih dan berkasnya sudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Setelah semua tahapan selesai dilaksanakan oleh KPU Sabu Raijua (penetapan calon terpilih) maka diserahkan kepada Mendagri untuk proses pelantikan melalui Pemerintah Provinsi," ujar dia.

Sebelumnya, Bupati terpilih Sabu Raijua Orient Patriot Riwu Kore disebut berstatus warga negara Amerika Serikat.

Hal itu terungkap setelah oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, menerima surat balasan dari Kedubes Amerika di Jakarta.

"Kami sudah menerima surat dari Kedubes Amerika di Jakarta. Kami tanya apakah dia masih warga negara Indonesia atau sudah menjadi warga negara Amerika, dan informasi dari sana benar Orient Riwu Kore warga negara Amerika Serikat,” ungkap Ketua Bawaslu Sabu Raijua, Yudi Tagihuma.

Sebelumnya, kata Yudi, pada bulan Januari 2021 Bawaslu Sabu Raijua telah mengirim surat klarifikasi soal status kewarganegaraan bupati terpilih ke Kedubes Amerika.

Menurut Yudi, cuplikan isi surat dari Kedubes Amerika yang ditandatangani Kepala Bagian Konsuler, Eric M Alexander, adalah sebagai berikut:

"We would like to inform you that Mr Orient Patriot Riwukore is holding a US Citizenship".

Terkait hal itu, Yudi mengatakan, Bawaslu mengaku sudah meminta KPU untuk meneliti secara cermat keabsahan calon sebelum menetapkan sebagai peserta pilkada.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Sabu Raijua Terpilih Diduga WN Amerika, Komisioner Sebut KPU Sudah Sesuai UU", 

Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved