Breaking News:

Benarkah Minum Kopi Sebelum Sarapan Bisa Ganggu Kontrol Gula Darah? Simak Studi Ini

Orang yang tidak cukup tidur atau tidak nyenyak memiliki efek terbatas pada metabolisme, minum kopi dapat memberi dampak negatif

Freepik
Ilustrasi minum kopi 

BANGKAPOS.COM - Kopi kerap dianggap sebagai kekuatan untuk meningkatkan semangat.

Tak mengherankan jika banyak orang yang rutin minum kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Namun, ternyata efek minum kopi sebelum sarapan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Sebuah studi pun menyarankan agar minum kopi segera setelah bangun tidur di pagi, jangan dilakukan.

Melansir The Independent, Sabtu (3/10/2020), minum kopi di pagi hari dapat mengganggu metabolisme tubuh dan kontrol gula darah.

Dengan menunda minum kopi non-instan, yakni yang berasal dari biji, para peneliti di Inggris menemukan, kemampuan tubuh memecah makanan secara sehat meningkat secara drastis.

"Kami tahu bahwa hampir separuh dari kita akan bangun di pagi hari dan, sebelum melakukan hal lain, minum kopi, (karena) secara intuitif semakin kita merasa lelah, semakin kuat kopinya," kata Profesor James Betts, co-direktur Center for Nutrition, Latihan dan Metabolisme di University of Bath.

Dalam studi tentang efek tidur tidak nyenyak dan kopi pagi, para ilmuwan di University of Bath menemukan berbagai penanda metabolik yang berbeda.

Orang yang tidak cukup tidur atau tidak nyenyak memiliki efek terbatas pada metabolisme, minum kopi dapat memberi dampak negatif pada kontrol glukosa darah pada orang tersebut.

Sebab, sangat penting menjaga kadar gula darah pada kisaran yang aman untuk mengurangi risiko kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung.

Halaman
12
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved