Breaking News:

WIKI BANGKA

Putri Tumbek Sikojek Durian Andalan Bukit Tiung Belo Laut Muntok, Rasanya Legit Menggoda

Mungkin tak banyak yang tahu jika Kelekak Bukit Tiung, di desa Belo Laut,  Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat menyimpan banyak potensi.

Penulis: Antoni Ramli | Editor: nurhayati
Dok/Suhaidir
Suhaidir Alias Kojek, usia memperlihatkan ukuran dan buah durian Putri Tumbek Sikojek 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Mungkin tak banyak yang tahu jika Kelekak Bukit Tiung, di desa Belo Laut,  Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat menyimpan banyak potensi. Salah satunya potensi buah durian yang tak kalah dengan daerah lainnya.

Durian Putri Tumbek Sikojek itulah salah satu nama jenis durian unggul yang ada di hamparan Bukit Tiung, Desa Belo Laut.

Selain testurnya yang lembut, rasanya yang legit, Durian Putri Tumbak Sikojek juga mempunyai ukuran yang tak kalah besar dari durian durian lainnya.

Bagi anda pencinta durian, tak ada  salah mencoba dan berburu Durian Putri Tumbek Sikojek yang beratnya ada yang mencapai 7 kilogram.

Untuk bisa mencapai lokasi Bukit Tiung, hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit. Namun untuk mencapai lokasi, hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Suhaidir pemilik durian Putri Tumbek Sikojek, mengatakan Kelekak Bukit Tiung, tersebut merupakan warisan dari kakeknya.

Menurut Suhaidir, beragam jenis durian tumbuh di Kelekak Bukit Tiung. Namun, untuk durian unggulan hanya satu pohon yakni, Putri Tumbek Sikojek.

Tahun ini, durian Putri Tumbek Sikojek, hanya berbuat 93 butir dan sebagian besar sudah dipesan pecinta durian.

"Kalau pohon durian Putri Tumbek Sikojek ini cuma satu pohon, dan bisa dikatakan superlah dari durian jenis lainnya. Tahun ini tidak banyak cuma 93 buah, karena musim hujan yang tinggi biasanya mencapai 200 buah,” ungkap pria yang akrab disapa Kojek tersebut, Kamis (4/2/2021)

Untuk harga jual bervariasi, disesuaikan dengan ukuran durian. Mulai dari Rp 70.000, Rp 120.000 hingga Rp 200.000 perbutir.

Selain dipasarkan, Kojek juga memiliki rencana membawa durian Putri Tumbek Sikojek, ke ajang kontes.

"Insyaallah nanti selain di jual, durian ini akan saya ikutkan kontes. Jadi  Kalau ikut kontes kita bisa tau kualitas durian ini sejauh mana. Untuk harga tergantung ukuran, kalau yang kecil tujuh puluh ribu, sedang seratus dua puluh sampai yang besar dua ratus ribu perbutir," kata Kojek.

(Bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved