Breaking News:

Pertama di Indonesia, Ini Cara Bangka Belitung Kendalikan LPG Bersubsidi

Provinsi Bangka Belitung resmi menjadi provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan kartu kendali gas bersubsidi LPG 3 Kg.

Diskominfo Babel
Provinsi Bangka Belitung (Babel) resmi menjadi provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan kartu kendali gas bersubsidi LPG 3 kilogram 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Provinsi Bangka Belitung (Babel) resmi menjadi provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan kartu kendali gas bersubsidi LPG 3 kilogram (kg).

Itu sesuai dengan apa yang telah dijanjikan sebelumnya oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman, bahwa pemprov akan mengambil langkah untuk menyelesaikan persoalan gas LPG 3 kg.

Dan, hari Jumat (5/2/21) Wakil Gubernur Abdul Fatah dipercayakan gubernur untuk meresmikan berlakunya penerapan kartu pelanggan gas  3 kg bersubsidi, yang telah berhasil diterapkan terhadap pengendalian solar.

Peluncuran perdana kartu kendali BRIZZI ini dimulai dari pangkalan gas 3 kg Yusti D. Sau di Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang.

Wagub Abdul Fatah menuturkan, pemberlakuan kartu kendali gas 3 kg ini berangkat dari permasalahan yang terjadi dalam pendistribusian gas LPG di tengah masyarakat yang tidak tepat sasaran.

Dengan sistem ini, dirinya yakin penerima gas LPG 3 kg tepat sasaran, dengan target masyarakat kecil, usaha mikro, kalangan petani, dan nelayan dan kegiatan usaha yang perlu disubsidi.

Langkah selanjutnya, Pemprov. Babel akan memverifikasi data kependudukan yang mendapat bantuan subsidi, di antaranya menggunakan data sensus penduduk Desember 2020 dan data yang terdaftar di pangkalan dan agen gas LPG 3 kg, kemudian dicocokkan dan diverifikasi sesuai jumlah kuota yang ditentukan oleh Pertamina.

"Saya berharap Maret 2021 sudah mulai operasi, tergantung kecepatan verifikasi data penerima subsidi," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dhoni R. Amadi selaku Executive Vice President Divisi Retail Payment Bank BRI mengatakan, Provinsi Babel merupakan pionir di Indonesia untuk pemberlakuan kartu kendali yang bekerjasama dengan perbankan.

"Semoga provinsi lain dapat mengkuti langkah Pemprov. Babel, karena sistem ini dapat menyelesaikan permasalahan penerima gas LPG 3 kg yang selama ini tidak tepat sasaran," ujarnya.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved