Breaking News:

Siapa Paling Jago Drible, Ronaldinho, Messi, Zidane, Neymar atau Ronaldo? Yuk Lihat Aksi Mereka

Siapa Paling Jago Drible, Ronaldinho, Messi, Zidane, Neymar atau Ronaldo? Yuk Lihat Aksi Mereka

AFP/KOMPAS
Lionel Messi sempat ditipu 'Ronaldinho Palsu' ini. 

BANGKAPOS.COM -- Aksi menggiring bola atau dribel oleh para pesepakbola kerap membuat pada penonton takjub. Mulai dari Pele, Platini, Ronaldinho, Cristiano Ronaldo hingga Lionel Messi terkenal dengan kepiawaiannya mendrible bola.

Dalam sepak bola , menggiring bola adalah salah satu keterampilan bola yang paling sulit untuk dikuasai dan salah satu gerakan menyerang yang paling berguna.

Dalam permainan biasa, pemain mencoba untuk mendorong bola ke arah gawang lawan mereka melalui penguasaan bola secara individu, seperti dengan menggiring bola (penggunaan manuver teknis).

Untuk melewati lawan, menggiring bola dapat melibatkan berbagai macam trik dan tipuan manipulatif ; Ronaldinho sering menggunakan keterampilan dan tipuan yang rumit , seperti elastico , untuk mengalahkan pemain bertahan. 

Dribbling sering kali sangat berharga terutama di bagian ketiga lapangan atau di sayap, tempat sebagian besar serangan terjadi.

Dribbling menciptakan ruang dalam situasi ketat di mana penggiring ditandai (dijaga ketat oleh bek), dan penggiring dapat mencetak gol atau menciptakan peluang mencetak gol setelah menggiring bola berhasil.

Namun, menggiring bola, jika tidak dikuasai dan digunakan dengan baik, dapat mengakibatkan hilangnya penguasaan bola baik saat bola dicegat atau dijegal oleh bek .

Beberapa pemain lebih suka melewati pemain dengan kecepatan dan fisik, seperti pemain sayap Gareth Bale , beberapa pemain langsung menyerang lawan dan berusaha melewati mereka secara langsung dengan pala(menendang bola melalui kaki mereka), seperti Luis Suárez, sedangkan orang lain mungkin menggunakan tipuan, kontrol, kelincahan, dan akselerasi untuk menghindari tekel, seperti Lionel Messi

Garrincha , pemain sayap Brasil dan bintang Piala Dunia 1962 , dianggap sebagai salah satu penggiring bola terbaik sepanjang masa.

Baru-baru ini akun Instagram UEFA Champions League memposting video keahilan drible sejumlah pesepakbola di era 2000 sampai 2021.

(*)

Penulis: Teddy Malaka (CC)
Editor: Edi Yusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved