Breaking News:

Berita Sungailiat

Resmikan Rumah Pengolahan Ikan, Bupati Bangka Ajak Masyarakat Dukung Perkembangan UMKM Daerah

Bupati Bangka Mulkan, Sabtu (6/2/2021), melakukan Gowes Bangka setara, menuju kegiatan peresmian rumah produksi unit pengolahan ikan

Bangkapos.com/Ramandha
Bupati Bangka Mulkan, Sabtu (6/2/2021) resmikan rumah produksi unit pengolahan ikan di seputaran Lingkungan Jelutung, Kecamatan Sungailiat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan, Sabtu (6/2/2021), melakukan Gowes Bangka setara, menuju kegiatan peresmian rumah produksi unit pengolahan ikan di seputaran Lingkungan Jelutung, Kecamatan Sungailiat. 

Kepada Bangkapos.com, Sabtu (6/2/2021) disela kegiatan, Mulkan mengungkapkan, peresmian tempat pengolahan ikan ini, dalam rangka mendukung keberlangsungan UMKM, khususnya olahan ikan di masyarakat.

Ia mengatakan, pembangunan tempat pengolahan ikan merupakan bentuk kebersamaan sejumlah unsur, yakni secara pentahelik.

Selain itu, ia juga berharap pengembangan UMKM di daerah dapat didukung segala unsur agar terus berkembang.

"Sementara kita ada 3 (pengolahan ikan), pertama di sini, kedua di lingkungan Cokro, punya Almarhum Pak Umar. Yang ketiga ada Desa Baturusa," jelas Mulkan.

Bupati Bangka Mulkan, Sabtu (6/2/2021) resmikan rumah produksi unit pengolahan ikan di seputaran Lingkungan Jelutung, Kecamatan Sungailiat
Bupati Bangka Mulkan, Sabtu (6/2/2021) resmikan rumah produksi unit pengolahan ikan di seputaran Lingkungan Jelutung, Kecamatan Sungailiat (Bangkapos.com/Ramandha)

Dia menginginkan, dengan adanya rumah produksi sejenis, niat dan minat konsumsi ikan di masyarakat terhadap keberlangsungan aktivitas nelayan di daerah dapat berjalan beriringan.

Di mana, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka terus mendorong terhadap pengembangan alat tangkap ikan milik nelayan. Dengan berbagai program bantuan yang telah disalurkan.

"Sudah kita salurkan, dari mesin perahu hingga alat tangkap. Ini sehingga dengan adanya bantuan inilah adanya suatu peningkatan dari hasil nelayan. Begitu juga dengan hadirnya industri rumahan seperti ini, kita harap dapat saling menguntungkan masyarakat," ungkap Mulkan.

Hadirnya UMKM di daerah diharapkan bisa membantu mengentaskan kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan.

Diakui Mulkan, semakin berkembangnya industri rumahan seperti tempat pengolahan ikan milik Erni ini, kedepan masyarakat sudah dapat memanfaatkannya.

Dia mencontohkan, apabila saat merayakan hari raya keagamaan, masyarakat Kabupaten Bangka bisa membeli produk-produk yang memang asli daerah.

"Harga kan pastinya lebih murah. Kita tidak perlu lagi mendatangkan produk luar. Jadi kalau seperti lebaran, imlek ataupun yang lainnya, kita sudah bisa memenuhi terhadap kebutuhan-kebutuhan hari raya itu," kata Mulkan.

Dikesempatan itu Bupati Bangka ini juga menyalurkan sejumlah 20 paket sembako secara simbolis kepada masyarakat sekitar.

(Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved