Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Bongkar Kotak Suara, KPU Bangka Tengah Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah menggelar konferensi pers mengenai Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Bangkapos.com/Widodo
KPU Bangka Tengah menggelar konferensi pers terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Senin (8/2/2021) sore. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah menggelar konferensi pers mengenai Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Senin (8/2/2021) sore.

Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi menyebutkan pihaknya pagi tadi sudah membuka kotak suara.

"Kami laksanakan tadi yaitu proses pembukaan kotak suara  untuk pendataan pemilihan berkelanjutan," kata Rusdi.

Rusdi menyebutkan, pembukaan kotak suara tersebut daftar pemilih mengenai pemilihan kepala daerah kemarin untuk penyusunan data berkelanjutan.

"Selain pembongkaran kotak suara kami juga mengambil C1 daftar hadir Pemilih tambahan. Kemudian akan dihitung dan diinvetarisir sesuai data Daftar Pemilih Tetap (DPT)," jelas Rusdi.

"Kami tidak input kalau sudah ada dalam DPT, karena yang kami input hanya pemilih tambahan yang tidak ada dalam DPT. Kami Update langsung ke Aplikasi KPU RI, sebagai dasar pemilihan umum mendatang," lanjut Rusdi.

Komisioner KPU Bateng Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Panji mengungkapkan agar kegiatan pemutakhiran data Pemilih berjalan lancar, KPU juga segera berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Bateng. 

"Kami akan sinkronkan data pemilih pilkada kemarin kami sandingkan dengan daftar pemilih tetap (DPT)," sebutnya.

Selain itu, sinkronisasi data seperti pemilih pemula dan purnawirawan TNI/Polri juga harus diupdate, mereka telah memiliki hak suara.

"Update data kami lakukan dan akan kami plenokan setiap per tiga bulan," kata Panji.

Ia berharap kedepan pihak terkait termasuk masyarakat proaktif memberikan informasi penambahan data pemilih. Kedepan jangan sampai ada masyarakat yang tidak terdaftar di DPT.

( Bangkapos.com / Widodo )

Penulis: Widodo
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved