Breaking News:

BPJS Kesehatan Catat Surplus Rp18,74 Triliun di 2020, Kepuasan Terhadap Program JKN Juga Naik

Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencatat surplus arus kas Dana Jaminan Sosial (DJS) senilai Rp18,74 triliun pada 2020.

BPJS Kesehatan Catat Surplus Rp18,74 Triliun di 2020, Kepuasan Terhadap Program JKN Juga Naik
tangkapan layar
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris saat mengelar konferensi pers paparan kinerja dan kondis keuangan DJS secara virtual, Senin (8/2/2021).

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencatat surplus arus kas Dana Jaminan Sosial (DJS) senilai Rp18,74 triliun pada 2020.

Catatan tersebut mengakhiri defisit yang terjadi di BPJS Kesehatan sejak periode 2016 lalu sampai 2020.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris saat mengelar konferensi pers paparan kinerja dan kondis keuangan DJS secara virtual, Senin (8/2/2021).

Dia mengungkapkan bahwa pendanaan dan kondisi keuangan program BPJS kesehatan terhitung cukup baik dengan kondisi keuangan berangsur sehat hingga terdapat arus surplus.

"Data unaudited mencatat, setelah dilakukan pembayaran kepada seluruh fasilitas kesehatan, per 31 Desember 2020, DJS Kesehatan memiliki saldo atau arus kas sebesar Rp18,7 triliun," ujar Fachmi.

Dia menjelaskan, sejak Juli 2020 tidak terdapat kasus gagal bayar dikarenakan arus kas DJS berada pada kondisuli aman, sehingga pembayaran klaim berjalan lancar di fasilitas kesehatan.

"Tentu untuk prediksi kondisi DJS Kesehatan ke depan, terlebih di masa pandemi Covid-19, kita akan terus pantau," kata Fahmi, Selasa (8/2/2021).

"Dengan memperhatikan tingkat kesehatan masyarakat serta melihat kondisi ekonomi Indonesia."

"Namun kondisi cashflow DJS Kesehatan yang berangsur sehat ini menjadi hal yang positif untuk keberlangsungan Program JKN-KIS ke depan."

"Tongkat estafet ini diharapkan dapat meringankan laju Direksi BPJS Kesehatan di masa mendatang," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Sela Agustika
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved