Breaking News:

Berita Bangka Selatan

BPN Bangka Selatan Belum Terapkan Pergantian Sertifikat Tanah Elektronik, Ini Penjelasannya

BPN Bangka Selatan belum melaksanakan penerapan pergantian sertifikat tanah manual atau berbentuk fisik menjadi sertifikat tanah elektronik.

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: El Tjandring
bangkapos.com
Kepala BPN Kabupaten Bangka Selatan, Agus Suprapta 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Selatan belum melaksanakan penerapan pergantian sertifikat tanah manual atau berbentuk fisik menjadi sertifikat tanah elektronik.

Kepala BPN Kabupaten Bangka Selatan, Agus Suprapta menyebutkan perubahan bentuk sertifikat manual berbentuk kertas atau fisik menjadi sertifikat elektronik akan dilakukan secara bertahap.

Tak hanya itu, pelaksanaan program ini juga hanya akan dilakukan di wilayah kantor pertanahan yang ditunjuk sebagai pilot projek.

Agus Suprapta menambahkan pergantian ini akan mulai diterapkan pada 2021 sesuai Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 1 Tahun 2021 tentang sertifikat elektronik.

"Kebijakan ini memang akan dilakukan pada 2021, namun di beberapa wilayah yang menjadi pilot projeknya. Kita di Kabupaten Bangka Selatan juga belum dapat melakukannya," ujar Agus, Senin (8/2/2021).

Mengenai proses pengurusan sertifikat tanah elektronik, Agus menyebutkan memiliki kesamaan saat mengurus tanah dengan cara manual.

"Untuk prosesnya sama halnya dengan mendaftarkan secara manual dan tetap melakukan pendaftaran secara online. Nantinya petugas akan melakukan verifikasi data yang telah diinput oleh pemohon," terangnya.

Jika semua dokumen dan data telah lengkap lanjut Agus, maka akan segera diproses oleh petugas. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved