Breaking News:

Dua Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Babel adalah Anggota Organisasi Terlarang (VIDEO)

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Senin (8/2/2020) akhirnya membeberkan penangkapan terduga teroris di wilayahnya.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat,  Senin (8/2/2020) akhirnya membeberkan penangkapan terduga teroris di wilayahnya.

Menurut Irjen Pol Anang Syarif Hidayat untuk terduga teroris di Belitung Timur yang dibekuk merupakan anggota Jamaah Anshorut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Khilafah (JAK) sedangkan warga Temberan Kabupaten Bangka yang ditangkap merupakan simpatisan ISIS dan aktif di Medsos mengkampanyekan gerakan radikal.

Di Belitung Timur merupakan DPO Densus 88 berinisial K alias alias DZ diduga terlibat anggota JAD dan JAK kemudian penangkapan kedua di Pangkalpinang yakni RD diduga simpatisan ISIS bergabung dengan FPI sangat aktif di media sosial menyuarakan bagaimana membuat bom dan berita-berita tentang Timur Tengah berbagai aktivis yang termasuk memenuhi syarat unsur pasal 13a,

Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menjelaskan setelah pihaknya mendapatkan informasi dari Tim Densus 88 langsung memberikan bantuan dan membackup kegiatan.

Tim Densus 88 juga masih melakukan pemeriksan tehadap keduanya di Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk K yang ditangkap di Belitung Timur yang merupakan pendatang asal Solo Jawa Tengah dijerat dengan pasal 15 UU No 5 tahun 2018 tentang terorisme dengan ancaman pidana paling lama 5 tahun.

Sementara R warga Temberan Kabupaten Bangka yang ditangkap dijerat dengan pasal 13 A dan pasal 15 UU No 5 tahun 2018 dengan ancaman 5 tahun penjara. 

Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan berbeda organisasi dan tidak berkaitan. Keduanya beda kelompok dan besar jaringan tapi keduanya merupakan TO Densus 88.

Seperti dieketahui Tim Densus 88 Anti Teror Polri melakukan dua penangkapan terhadap terduga teroris di Bangka Belitung. 

Penangkapan tehadap Kardi alias Satria Amru kelahiran 1982. Ia tinggal di RT 17 Dusun Sinar Sentiong, Desa Lilangan Kamis (4/2/2020).

Kemudian langsung diterbangkan ke Polda Kepulauan Bangka Belitung menggunakan helikopter. Penangkapan kedua  dilakukan di Jembatan Emas Aik Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka terhadap Rian Gunadi warga Temberan Kabupaten Bangka Jumat (5/2/2020).

Diinformasikan Rian Gunadi dihadang saat melintas. Selanjutnya langsung dibawa ke Polres Bangka kemudian dibawa menggunakan helikopter.

Sedangkan tim langsung mendatangi kediaman Rian Gunadi di Temberan Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

(Bangkapos.com/deddy marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved