Breaking News:

Erzaldi Rosman Dukung Tercapainya SMK Babel Menjadi BLUD yang Mandiri

Tahun ini, kita terus menambah sarana-sarana praktik mengingat dunia usaha dan dunia industri di Bangka Belitung

Diskominfo Babel
Acara Peresmian Ruang Praktik Nautica dan Kapal Niaga (NKN), Senin, (8/2/21). 

BANGKAPOS.COM , BANGKAGubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendukung tercapainya keinginan agar seluruh SMK di Babel menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dengan harapan lebih berkembang dan mandiri.

“Tahun ini, kita terus menambah sarana-sarana praktik mengingat dunia usaha dan dunia industri di Bangka Belitung ini semakin berkembang,” ungkap Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat bertandang ke SMK Negeri 4 Pangkalpinang pada kegiatan peresmian Ruang Praktik Nautica dan Kapal Niaga (NKN) Senin, (8/2/21).

Dengan adanya gedung praktik ini maka seluruh kegiatan produktif NKN menjadi terpantau dan sesuai dengan yang diharapkan dan membuat taruna/i bersemangat sehingga semakin matang dan siap terjun ke dunia kerja.

“Sehingga dalam praktiknya mereka bisa berkembang dan mengurus dirinya sendiri, mengingat bahan-bahan praktik sangat mahal,” ujar Gubernur Erzaldi.

Dalam pandangan peraih Anugrah Dwija Praja Nugraha dari pengurus pusat PGRI, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, SMKN 4 telah berkembang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari tingginya peminat dan sarana praktik yang semakin bertambah. Begitupun para siswa yang telah menamatkan pendidikan sudah banyak mendapat tawaran dari dunia usaha.

Tahun ini juga diperkikaran akan ada kapal yang dijadikan sebagai sarana praktik bagi para siswa/i untuk mengelola hasil ikan.

“Tahun ini ada kerja sama pelayaran kapal praktik dari Korea Selatan. Kapal ini merupakan kapal pengelolaan hasil ikan yang berlayar dari Korea, mampir di Kepri, kemudian ke Babel, dan kembali lagi ke Korea,” jelasnya.

Dalam kapal tersebut terdapat pengelolaan ikan secara langsung, dimulai dari pengelolaan, pengupasan, pendinginan/pembekuan, serta pengemasan.

“Di daerah Babel ini, target mereka adalah mengelola cumi. Untuk menjawab tantangan tersebut. Kami meminta agar bekerja sama dengan SMK-SMK khususnya di bidang pelayaran,” ungkapnya.

Peserta didik SMKN 4 Pangkalpinang pada kompetensi agri bisnis pengolahan hasil perikanan saat ini telah berinovasi dan berkarya di bidang pengolahan produk lokal. Pada hari ini juga diluncurkan produk-produk tersebut yang di antaranya, ekado ikan tenggiri, abon lele, es lilin rumput laut, nugget ikan, kaki naga, jelly rumput laut, rusip, kembung bertelur, tekwan, pempek ikan, kemplang ikan oven, keritcu, dan bakso ikan.

Penulis: Khalimo
Foto: Rafiq
Editor: Maalika

Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved