Breaking News:

Kenali Ciri-ciri Fintech Ilegal, Pinjaman Online Bermasalah, OJK dan Bareskrim Siap Lakukan Ini

Muncul banyak persoalan mulai dari nasabah harus terseret jerat utang dengan bunga yang tinggi, hingga cara penagihan fintech dikeluhkan masyarakat

Penulis: M Zulkodri (CC) | Editor: nurhayati
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Pinjaman Online 

BANGKAPOS.COM -- Jasa pinjaman non Bank kini marak bermuculan di dunia online atau juga dikenal dengan financial technologly (fintech).

Kehadiran perusahaan keuangan berbasis teknologi di tanah air ini sebetulnya disambut baik di masyarakat.

Karena akses dana yang mudah dan tidak dimiliki bank.

Praktis tanpa bertele-tele serta tanpa anggunan,  uang pinjaman bisa langsung cair dalam hitungan jam ke tangan peminjam.

Namun dibalik kemudahan tersebut, kini muncul banyak persoalan mulai dari nasabah harus terseret jerat utang dengan bunga yang tinggi, hingga cara penagihan fintech yang dikeluhkan masyarakat hingga menyebar luas di sosial media.

Pantauan bangkapos.com di kanal YouTube maupun di facebook bertebaran rekaman pembicaraan penagihan debt colecctor fintech dengan nasabah pinjaman online.

Obrolan antara penagih fintech dengan nasabah terkadang membuat kita miris.

Gara-gara pinjaman fintech ini sejumlah nasabah mengaku mengalami kerugian seperti dikutip dari Tribunnews.com, Kompas.com dan sumber lainnya 

Ada nasabah yang diiklankan rela digilir demi lunasi utang Rp 1 Jutaan, ada yang pekerjaanya hilang, serta sampai ada nasabah yang bunuh diri.

Menyikapi hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri) yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi (SWI) sepakat untuk menindak tegas pelaku investasi ilegal dan Fintech Ilegal untuk melindungi kepentingan masyarakat.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved