Breaking News:

Berita Sungailiat

Konflik Buaya VS Manusia Kembali Terjadi, BKSDA Bangka BelitungTerus Imbau Warga Jauhi Habitat Buaya

Septian Wiguna, mengungkapkan, buaya sepanjang 3,35 meter yang menghebohkan masyarakat Desa Kayubesi, sudah ditangani pihaknya. 

Dok/Bangkapos.com
Kepala Resort Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bangka Belitung (Babel), Septian Wiguna 

BANGKAPOS.COM , BANGKA --  Kepala Resort Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bangka Belitung (Babel), Septian Wiguna, mengungkapkan, buaya sepanjang 3,35 meter yang menghebohkan masyarakat Desa Kayubesi, sudah ditangani pihaknya. 

Namun, Septian sangat menyayangkan buaya tersebut akhirnya mati, diduga kepanasan karena kondisi cuaca setelah penangkapan oleh masyarakat.

Menurutnya, jenis buaya yang ditangkap oleh masyarakat Kayubesi yang telah menyerang seorang warga itu, merupakan jenis buaya muara.

"Sebenarnya kita perlu dukungan dari berbagai pihak, untuk penanggulangan konflik. Supaya konflik antar buaya dan manusia ini tidak terus terjadi," jelasnya.

Diakuinya, berdasarkan pantauan pihaknya di lapangan, khususnya di Desa Kayubesi, sebagian masyarakat sudah mulai memahami, Buaya Muara merupakan jenis yang dilindungi.

Namun, alasan warga menangkap buaya  itu juga karena khawatir buaya itu dapat mengancam keselamatan jiwa.

"Langkah masyarakat yang telah menghubungi kami dan memperbolehkan untuk dibawa. Tapi, pas (saat) mau sampai penangkaran, buaya itu sudah mati," katanya.

Pihaknya pun berharap, adanya perhatian dari berbagai pihak terutama masyarakat agar menghindari lokasi yang sudah jelas ada habitat buaya.

Selain itu, kalaupun ditemukannya fakta  tumpang tindih ruang aktivitas masyarakat dengan buaya, dikatakannya, dapat disampaikan ke dinas terkait.

"Ini dilakukan untuk penyelesaian tata ruang di daerah, agar konflik-konflik sejenis tidak terjadi kembali di kemudian hari," saran Septian.

Sekelompok anak-anak melihat seekor buaya berukuran tiga meter lebih yang ditangkap warga Kayubesi.
Sekelompok anak-anak melihat seekor buaya berukuran tiga meter lebih yang ditangkap warga Kayubesi. (Ist/Sandi)
Halaman
123
Penulis: Ramandha
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved