Breaking News:

12 Jam Bersama Penyintas Covid 19

Sering Tangani Pasien Covid-19, dr Liyah Beberkan Gejalanya, Gangguan Penapasan Hingga Pencernaan

dr Liyah Giovana SpP, waktu itu menjadi satu diantara dokter yang menangani pasien suspect virus corona. 

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat, dr Liyah Giovana SpP saat Live Streaming Bangka Pos 12 Jam Bersama Penyitas Covid-19 

BANGKAPOS.COM , BANGKA --  Dokter Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat, dr Liyah Giovana SpP, waktu itu menjadi satu diantara dokter yang menangani pasien suspect virus corona. 

Sekitar bulan Maret 2020, Bangka Belitung pernah dihebohkan dengan satu pasien rujukan dari rumah sakit di wilayah Sungailiat ke RSUP Soekarno Bangka Belitung yang dicurigai terkena virus corona usai pulang dari Singapura.

Namun, pasien tersebut hanya suspect corona dan dinyatakan negatif setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Saat menangani pasien Covid-19, dr Liyah akui memang merasa takut diawal pandemi Covid-19 melanda, tetapi dengan menggunakan alat pelindung diri lengkap, bisa memberikan rasa aman kepadanya saat bertugas.

"Kalau saya sih, karena kita selalu lengkap menggunakan APD (Alat Pelindung Diri), awal-awal ada rasa takut, tapi sudah biasa saja jadinya karena dibekali APD," cerita dr Liyah saat Live Streaming Bangka Pos 12 Jam Bersama Penyitas Covid-19, Rabu (10/2/2021).

Rasa khawatir dan takut itu alamiah saja timbul, apalagi bila memikirkan kelurga di rumah yang takutnya ikut tertular juga.

Update, Kasus Covid-19 di Pangkalpinang, 32 Orang Positif Covid dan 65 Orang Sembuh dari Corona

Ustaz Kurnia Ajak Masyarakat Saling Bersatu dan Menguatkan Hadapi Wabah Covid-19

Dokter Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat, dr Liyah Giovana SpP saat Live Streaming Bangka Pos 12 Jam Bersama Penyitas Covid-19
Dokter Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat, dr Liyah Giovana SpP saat Live Streaming Bangka Pos 12 Jam Bersama Penyitas Covid-19 (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Kepala Puskesmas Karantina Mandiri Bertiga dengan Suami dan Anaknya, 24 Jam Selalu Pakai Masker

Cerita Penyintas Covid-19 Ria Mustika, Melawan Musuh Tak Kasat Mata dan Dikucilkan Warga

Namun makin sekarang, tidak ia pungkiri, melihat kondisi saat ini orang terpapar Covid-19 banyak yang sembuh bila dibandingkan meninggal.

Sehingga rasa takut tidak seperti awal dulu, yang terpenting tetap menjaga tubuh tetap sehat dan pola hidup yang sehat sehingga bisa sembuh.

"Mayoritas orang yang terpapar Covid-19 ini menyerang pernapasan seperti sesak, batuk, demam, sakit tenggorokan serta yang paling banyak sekarang itu anesmia (penciuman berkurang-red)," kata dr Liyah.

Lebih lanjut, ia menyebutkan gejala lain yang terjadi saat ini, orang yang terpapar covid-19, tubuh merasa lemas, diare, mual, dan muntah.

Bahkan dr Liyah banyak menemukan kasus pasien dengan gejala seperti, mual dan muntah, ketika diskrining swab antigen, hasil pemeriksaan antigen positif.

"Jadi tak hanya dari pernapasan saja gejalanya sekarang, mayoritas memang dari pernapasan. Kalau demam bisa ada atau bisa gak. Yang tanpa gejala akan lebih sulit dideteksi, biasanya terdeteksi hanya karena tidak sengaja saja," kata dr Liyah.

Pasien Covid-19 yang ditangani dr Liyah juga sering ada gejala batuk kering, bisa juga berdahak karena ada infeksi bakteri lain.

Sementara itu bila tubuh panas, hal ini menunjukan ada respon imun tubuh untuk melawan virus yang masuk di dalam tubuh.

"Kalau kasus meninggal pasien covid-19 ini bervariatif, ada tidak ada komorbid, tetapi yang paling banyak itu karena ada penyakit penyerta atau komorbid, usia lanjut, obesitas. Tanpa penyakit bawaan itu ada tapi kecil sekali, di kita ada dua pasien yang saya tangani," jelas dr Liyah.

Untuk itu menurutnya,  penting sekali memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang virus corona, agar dapat dihindari dan diwaspadi namun tidak panik dalam menghadapinya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved