Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Imlek di Tengah Pandemi, Kelenteng Kwan Tie Miau Tak Gelar Kegiatan Barongsai dan Kembang Api

Beberapa warga melaksanakan peribadatan di Kelenteng Kwan Tie Miau meski tidak seramai jelang perayaan tahun baru imlek lalu-lalu.

Bangkapos.com/Yuranda
Suasana Kelenteng Kwan Tie Miau, Jalan Mayor Syafri Rahman, Kota Pangkalpinang, Kamis (11/2/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Aktivitas masyarakat Tionghoa di Kelenteng Kwan Tie Miau Kota Pangkalpinang, nampak sepi.

Terlihat beberapa warga yang melaksanakan kegiatan peribadatan di rumah ibadah itu meski tidak seramai jelang perayaan tahun baru imlek pada tahun-tahun sebelumnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini Kelenteng Kwan Tie Miau, juga tidak mengadakan kegiatan sepeti barongsai dan perayaan kembang api.

Biasanya, perayaan itu diadakan di malam tahun baru Imlek.

"Di malam tahun baru Imlek tidak ada barongsai, dan kembang api, Setelah sembayang warga langsung pulang, tidak boleh kumpulan-kumpul," kata Achung (62) penjaga Kelenteng Kwan Tie Miau di Jalan Mayor Syafri Rahman, Kota Pangkalpinang, Kamis (11/2/2021).

Katanya, di tahun baru Imlek kali ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun sebelumnya sangat meriah, banyak perayaan di gelar di sini.

"Kalau untuk bertamu, tergantung pemilik rumahnya, kalau saya pribadi membolehkan, para kerabat, Keluarga atau tetangga yang ingin keluar rumah," ujarnya.

Tak menutup kemungkinan, ada beberapa masyarakat Tionghoa di Kota Pangkalpinang yang tidak menerima tamu berkunjung ke rumah mereka lantaran kondisi saat ini.

"Banyak juga masyarakat yang tidak menerima tamu. Puncak perayaan itu pada malam hari ini, masyarakat Tionghoa yang sembayang, selain malam hari ini pagi hari juga biasa," ucapnya

Pantauan Bangkapos.com, Kelenteng Kwan Tie Miau, sudah menerapkan protokol kesehatan covid-19, seperti menyediakan tempat cuci tangan, mengimbau selalu menggunakan masker saat beraktivitas di dalam kelenteng itu. (Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved