Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Klub Barongsai Three Lion Pilih Bersih-bersih Alat Ketimbang Tampil Saat Perayaan Imlek

Pengelola klub barongsai Three Lion, Amin kini hanya bisa menerima keadaan dikala klub Barongsainya tak bisa beraksi pada tahun baru Imlek 2021

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevi)
Pengelola klub barongsai three lion, Amin yang tak bisa beraksi pada Imlek akibat pandemi covid-19, Kamis (11/02/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pengelola klub barongsai Three Lion, Amin kini hanya bisa menerima keadaan dikala klub Barongsainya tak bisa beraksi pada tahun baru Imlek 2021 akibat pandemi covid-19, Kamis (11/02/2021).

"Kita gak ada aksi, kita off dulu sementara. Dari kelenteng gak ada, terus juga dari rumah ke rumah gak ada kita gak ada jadi tahun ini ya bener-bener off dulu lah," ujar Amin.

Hal ini tentunya menjadi pengalaman baru bagi klub barongsai Three Lion yang beralamat di Jalan Lembawai, Kota Pangkalpinang dimana pada setiap tahun sebelumnya selalu dapat beraksi menggunakan barongsai ataupun naga.

"Kalau tahun sebelumnya itu ramai, sebelum imlek juga ada sampai cap go meh. Kalau tahun kemarin bisa sampai 15 kali tampil, kita beraksi full terus. Tapi sekarang beda, lagi pandemi gini kita gak mau aneh-aneh jadi kita off dulu aja," ucapnya.

Keputusan tak menggelar aksi barongsai pun tentunya bukan perkara mudah, terlebih lagi Amin mengatakan banyak anak didiknya yang tetap ingin tampil beraksi seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Anak-anak ini juga banyak keluhannya, mereka biasa tampil tapi sekarang enggak. Anak-anak juga off, paling kegiatan dirumah aja. Paling sore aja latihannya biar gak kaku, kita tetep latihan tapi intens berkurang. Biasanya seminggu empat sampai lima kali, tapi sekarang paling seminggu sekali," jelasnya.

Selain itu klub barongsai three lion yang sudah didirkan sejak 2008 ini, kini hanya memilih untuk melakukan bersih-bersih alat barongsai.

Berada di ruangan tiga kali dua meter, Amin menempatkan seluruh barongsai miliknya. Terdapat 12 barongsai dengan beberapa jenis seperti bebek dan singa, serta naga yang disimpan khusus di ruangan yang berukuran dua kali satu meter di samping ruangan penyimpanan barongsai.

Beberapa barongsai terlihat terbungkus rapi, sedangkan Amin menggunakan kain berusaha membersihkan debu-debu yang menempel di barongsai.

"Paling kegiatan kita lagi off gini, paling bersih-bersih aja mumpung gak ada kegiatan juga. Barongsai dibungkus yang udah dibersihin, dipakai buat nantilah persiapan dulu saat ni," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved