Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Komunitas BECAK Babel, Peduli Lingkungan hingga Gerakan Bank Sampah

Kepedulian akan keasrian lingkungan menggerakan hati para sekelompok pemuda ini untuk membentuk Komunitas Bangka Environment Creative Activist of

istimewa
Dokumentasi Kegiatan Komunitas Becak Babel. (Foto Ist) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepedulian akan keasrian lingkungan menggerakan hati para sekelompok pemuda ini untuk membentuk Komunitas Bangka Environment Creative Activist of Kawa (BECAK).

Berdiri sejak bulan November 2015 lalu, jumlah pengurus 27 orang dan relawan peduli lingkungan sebanyak 213 orang dari berbagai profesi.

Komunitas yang didominasi pelajar dan mahasiswa ini, melakukan berbagai kegiatan peduli lingkungan seperti memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan.

Serta giat melaksanakan pelatihan seminar atau kajian mengelola lingkungan hidup dan pengolahan sampah bahkan aksi bersih (clean up) sampah pantai bahkan ada aktivitas peduli sosial.

Giat komunitas juga terjun menjadi relawan anti Narkoba (Kerjasama BNN) dan memiliki Pusat Konseling Remaja (Kerjasama BKKBN).

Komunitas BECAK Babel juga pernah mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jambore Indonesia Bebas Sampah Tahun 2016 di Solo, Tahun 2018 di Aceh dan Tahun 2019 di Bali.

Ketua Komunitas BECAK Babel, Arinda Unigraha mengatakan 80 persen kegiatan fokus mengelola sampah dan 20 persen kegiatan lingkungan lainnya.

"Kita kegiatan yang rutin itu edukasi pengelolan sampah, banyak mitra yang terlibat. Dalam setahun itu, bisa 30-40 kali pelatihan yang diadakan komunitas," ujar Arinda, Sabtu (13/2/2020).

Sementara, kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan berupa Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) setiap Februari dan Word Cleanup Day setiap September (WCD).

Dalam pelaksanaan kegiatan komunitas, bekerja sama pada pihak desa, karang taruna, mahasiswa KKN, sekolah dan instansi berbagai perusahan.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved