Breaking News:

Berita Belitung

Pelabuhan Samudra Layak Dibangun di Bangka Belitung, Ini Lokasinya

Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) dinilai sudah seharusnya punya Pelabuhan Samudra. Mengingat Belitung memiliki geografis sangat

Pelabuhan Samudra Layak Dibangun di Bangka Belitung, Ini Lokasinya
bangkapos.com
ILUSTRASI : Pengunjung Pantai Tanjungpendam menyaksikan kapal yang masuk Pelabuhan Tanjungpandan, Selasa (12/07/2011).

BANGKAPOS.COM , BELITUNG -- Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) dinilai sudah seharusnya punya Pelabuhan Samudra. Mengingat Belitung memiliki geografis sangat strategis, seperti berada di ALKI 1 dan terletak pada perlintasan Jalur Singapura - Australia.

Selain itu, sumber daya kelautan dan perikanan di perairan Belitung sangat melimpah.

Ini lantaran berdampingan dengan laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, dan Selat Bangka.

"Di sini pula peluang investasi sangat banyak dari mulai perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan dan ekspor, serta industri pariwisata," ungkap Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto kepada Bangkapos.com saat meninjau Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan Belitung, Jumat (12/22021) kemarin.

Ia mengatakan pengembangan PPN Tanjungpandan sudah tertuang dalam sebuah dokumen proposal. Proposal dibuat dari berbagai pemikiran insinyur di Indonesia. Ada insinyur yang sehari-hari bertugas di pemerintah, perguruan tinggi dan swasta.

"Konsep ini adalah hasil petaherik, dan konsep unik. Ini tentu akan didorong menjadi proyek strategi nasional. Ya sekarang tergantung lahan. Sementara ini tidak ada kesulitan," kata Heru.

Menanggapi hal itu, Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) berkomitmen akan mempersiapkan pengembangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan. Seperti persiapan lahan yang melibatkan berbagai instansi terkait sebagai modal utama Pemkab Belitung dalam mengembangkan PPN menjadi Pelabuhan Samudera.

"Ya kalau mematok lahan ini mudah, tapi urusan lainnya nanti sulit. Kami tetap komitmen bisa meluaskan lahan yang sudah ada sekarang. Target kami mudah-mudahan tahun ini karena masuk dalam proyek strategi nasional. Ini akan dimaksimalkan," kata Sanem. (*)

Mau tau program pemerintah pusat dan program pemerintah daerah terkait pelabuhan itu ? Simak informasinya hanya di Koran Pos Belitung, Bangka Pos Group, edisi hari ini, Sabtu (132/2021). (*)

Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved