Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelantikan Kepala Daerah Terpilih di Bangka Belitung Tunggu SK dari Kemendagri

Pemilihan kepala daerah dari empat Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung telah usai dilaksanakan serentak pada Rabu, (9/12/2020) lalu. 

Kotak suara Pilkada 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemilihan kepala daerah dari empat Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung telah usai dilaksanakan serentak pada Rabu, (9/12/2020) lalu. 

Saat ini, para calon bupati dan wakil bupati terpilih masih menunggu kapan Surat Keterangan (SK) penetapan dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia keluar untuk dilakukan pelantikan oleh gubernur.

Terdapat empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah menang dalam Pilkada dan telah ditetapkan KPU sebagai calon terpilih pada Pilkada serentak 2020 di Provinsi Bangka Belitung.

Mereka ialah calon Bupati Kabupaten Bangka Selatan terpilih, Riza Herdavid dengan Debby Vita Dewi, Kabupaten Bangka Barat, Sukirman dengan Bong Ming-Ming

Kabupaten Bangka Tengah, Algafry Rahman dengan Herry Erfian, dan Kabupaten Belitung Timur, Burhanudin dengan Khairil Anwar.

Kepala Biro Pemerintahan, Setda Provinsi Bangka Belitung, Kurniawan, mengatakan, pelantikan calon bupati dan wakil terpilih akan dilakukan apabila SK dari Kemendagri telah keluar.

"Kemarin sudah diajukan ke Kemendagri, dan SK dari Kemendagri belum keluar," jelas Kurniawan kepada Bangkapos.com, Minggu (14/2/2021).

Ia menambahkan, usulan dari DPRD masing-masing kabupaten telah mereka terima dan telah diusulkan ke Kemandagri.

"Usul pengangkatan bupati terpilih disampaikan DPRD kabupaten yang melaksanakan pilkada kepada mendagri melalui gubernur. Mendagri menerbitkan SK tentang pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih," ujarnya.

Dia menambahkan, setelah SK keluar, barulah gubernur, melalui biro pemerintahan akan menentukan jadwal untuk pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih nantinya.

Kurniawan juga belum bisa memastikan, apakah terjadi penundaan pelantikan atau tidak dilakukan pada Februari ini, ia mengatakan tergantung dari SK."Tergantung SK dari Kemendagri," kata Kurniawan. (Bangkapos/Riki Pratama)
 

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved