Breaking News:

Berita Sungailiat

44 Admin di OPD Pemkab Bangka Ikuti Pelatihan Pengelolaan Informasi Publik

Pemkab Bangka melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bangka melaksanakan pelatihan

Ist/Dinkominfotik Bangka
Pemkab Bangka melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bangka melaksanakan pelatihan pengelola informasi publik yang dilaksanakan di Kantor Diskominfotik , Senin (15/02/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemkab Bangka melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bangka melaksanakan pelatihan pengelola informasi publik yang dilaksanakan di Kantor Diskominfotik Kabupaten Bangka, Senin (15/2/2021). 

Kegiatan ini diikuti  44 orang admin pengelola sistem informasi publik utusan dari OPD-OPD di lingkungan Pemkab Bangka

Tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut guna membentuk jaringan informasi di setiap OPD di lingkungan Pemkab Bangka.

Plt Kepala Dinas Kominfotik Bangka, Boy Yandra menjelaskan dalam mengelola informasi serta menyabarluasan perlu adanya kekompakan serta pemahaman yang jelas, sehingga melalui pelatihan ini setiap admin akan mendapatkan pemahaman serta akses terhadap penyebarluasan informasi tersebut dan siap melaksanakan keterbukaan  publik dengan baik dalam masyarakat nantinya

"Pelatihan ini kita mengajarkan kepada setiap admin untuk mengunggah informasi secara mandiri. Sehingga apabila sistem ini berjalan dengan lancar maka tujuan akhirnya yaitu membangun pemerintah yang bersih dan terbuka," kata Boy Yandra.

Diharapkannya ke depannya mereka bertugas dalam mengisi konten informasi serta kegiatan dari masing- masing OPD agar diketahui masyarakat.

"Jadi masyarakat yang membutuhkan ataupun mengajukan informasi maka dapat menakses melalui website www.ppid.bangka.go.id. Tentunya hanya informasi yang terbuka untuk umum dan bukan informasi yang tertutup," jelas Boy Yandra.

Peran Dinas Kominfotik Bangka sendiri sebagai pengawas serta pengembangan dari informasi tersebut.

Selain itu juga bertugas dalam memantau keaktifan admin dari setiap OPD sehingga mendorong keterbukaan informasi Kabupaten Bangka.

Sementara itu, pelaksanaan kegiatan pelatihan dianggap penting  bagi Pemkab Bangka maupun masyarakat  walaupun kegiatan ini  inisiatif bersama di Kominfo dalam mengembangkan PPID ini dengan meluas,  namun  tetap dilaksanakan dengan baik.   

Pelatihan  ini dibagi menjadi lima hari guna mematuhi protokol kesehatan. 

Setiap hari pelatihan hanya dilaksanakan dua sesi yakni pagi dan sore. 

Jumlah peserta setiap sesi sendiri hanya diikuti 4 hingga 5 orang peserta dengan  masing -masing peserta membawa laptop dengan tenaga IT Feriko dan tenaga pengajar PPID yang sudah berpengalaman, M Khadafi kasi  pengelolaan komunikasi  dan informasi publik Dinkominfotik bangka.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved