Breaking News:

Berita Bangka Barat

Program TMMD Telah Dimulai, akan Bangun Akses Jalan Menuju Pelabuhan Tanjung Ular

Akses jalan dari Desa Air Limau, Kecamatan Muntok menuju Pelabuhan Tanjung Ular, saat ini mulai dibangunan dengan melibatkan sebanyak 150 orang.

Ist/Kodim
Kegiatan TMMD di Desa Air Limau 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Akses jalan dari Desa Air Limau, Kecamatan Muntok menuju Pelabuhan Tanjung Ular, saat ini mulai dibangunan dengan melibatkan sebanyak 150 orang.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0431/Bangka Barat, Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa, Senin (15/2/2021).

Di kegiatan pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 dengan tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" di Desa Air Limau, dandim menyebutkan, pihaknya akan melaksanakan pembukaan badan jalan sepanjang 13,8 kilometer dalam kegiatan TMMD kali ini.

Menurutnya, akses atau jalan baru ini nantinya menghubungkan Air Limau menuju Tanjung Ular.

"Jalan ini juga merupakan jalur kawasan ekonomi khusus (KEK) atau kawasan industri," jelasnya.

Pembangunan wilayah pedesaan ini, dikatakannya, satu di antara realisasi kebijakan nasional dalam mewujudkan pembangunan Indonesia seluruhnya baik dimulai dari pinggiran sampai ke kota. 

Sementara, fokus dari pembangunan nasional ini mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara menyeluruh. Hal ini juga berguna untuk mencapai pemerataan pertumbuhan serta kemandirian desa.

"Peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan adalah melalui kegiatan TMMD. Dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, TMMD dilaksanakan 3 kali dalam setahun. Ini adalah suatu wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat," jelas Agung.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) yang terus mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

TMMD juga bekerjasama dengan PT Timah, di mana pihaknya mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni.

"Ada juga pembangunan sarana olahraga bola voli yang akan dibangun di desa Air Limau. Satgas TMMD juga akan bersinergi dengan dinas terkait," kata Agung.

Kerjasama itu, menurutnya dapat berupa pelaksanakan penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, kerukunan antar umat beragama dan lain-lain.

"Tim satgas juga memberikan aksistensi tentang pemeliharaan kamtibmas, pencegahan dan penanganan Karhutla, penyuluhan kesehatan dan program KB serta bimbingan tentang cara bertani," kata Agung.

(Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved