Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sepuluh Ribuan Nakes di Babel Sudah Divaksin, Paling Cepat Akhir Februari Giliran ASN dan Polri

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini menyebar di tujuh wilayah Bangka Belitung yakni Kota Pangkalpinang, kabupaten Bangka, Bangka Barat

bangkapos.com
Vaksinasi CoronaVac di Kabupaten Bangka Selatan (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Data hingga Sabtu, (13/2/2021) sebanyak 10.682 tenaga medis yang telah divaksinasi tahap pertama sedangkan sebanyak 5.288 tenaga medis yang telah divaksinasi tahap kedua dari total sasaran 13.174 orang.

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini menyebar di tujuh wilayah Bangka Belitung yakni Kota Pangkalpinang, kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

Sementara, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini baru menyebar di tiga wilayah Bangka Belitung yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan vaksinasi tahap dua diprediksikan segera dilakukan paling cepat minggu ketiga atau akhir bulan Februari 2021 dan paling lama awal bulan Maret 2021.

Pelayanan vaksinasi Covid-19 mulai akan memasuki tahap ke 2 dengan sasaran pelaksanaan yaitu Lansia, Pendidik (Guru, Dosen, Tenaga Pendidik), Pedagang Pasar, Tokoh Agama (dan termasuk penyuluh agama), Wakil Rakyat ( DPR, DPD, DPRD Prov/Kab/kota) , Pejabat Negara (Menteri, Kepala Lembaga, Gubernur, Bupati, Walikota), Pegawai ASN (Pusat , Daerah dan Honorer), Keamanan ( TNI, POLRI, Satpol PP Prov/Kab/kota), Pelayan Publik (Damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, Kepala/Perangkat Daerah), Transportasi dan termasuk Atlet.

"Dikarenakan pada tahap ke 2 ini sasaran yang ditetapkan semakin banyak dan bervariatif, maka pemerintah mengatur metode pelaksanaan menjadi beberapa cara diantaranya yaitu melalui metode berbasis Fasilitas Kesehatan, Berbasis Institusi, Metode vaksinasi Massal di lokasi / tempat tertentu dan vaksinasi massal bergerak (mobile)," ujar dr Bangun, Senin (15/2/2021).

Metode ini akan dipilih dan digunakan dengan pertimbangan kondisi sasaran vaksinasi, sehingga akses untuk mendapatkan vaksin lebih mudah.

Penentuan sasaran vaksinasi pada tahap 2 ini untuk lansia akan diperoleh dari data BPJS, sedangkan pendataan sasaran petugas publik berdasarkan nama dan NIK dilakukan melalui koordinasi dengan Kementerian Lembaga terkait.

"Semoga pelaksanaan vaksinasi tahap ke 2 ini nantinya dapat berjalan lancar sehingga tujuan kita bersama untuk memutus mata rantai penularan dan membentuk herd imunnity secara global dapat kita wujudkan bersama," harapnya.

Adapun rincian data vaksinasi di wilayah Bangka Belitung meliputi:

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved