Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Uji Beban Jembatan Jerambah Gantung Belum Dilakukan, Tapi Sudah Muat Beban 30 Ton

Uji beban Jerambah Gantung sudah masuk di angka 30 Ton saat mobil truk tronton beserta alat berat lainnya mengaspal jalan di atas jembatan.

bangkapos.com
Jerambah Gantung Hampir Rampung. (Bangkapos.com/Rizki Irianda P) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar menyebutkan, uji pembebanan pada jembatan jerambah gantung masih dalam tahap penghitungan.

Namun menurutnya, uji beban sebetulnya sudah masuk di angka 30 Ton saat mobil truk tronton beserta alat berat lainnya yang mengaspal jalan jembatan jerambah gantung beberapa waktu lalu.

"Kalau uji beban secara keseluruhan belum karena mau menunggu tuntas dulu semuanya, dan secara resmi kita masih menunggu penjadwalan," kata Suparlan kepada Bangkapos.com, Senin (15/2/2021).

"Pada dasarnya kemarin uji beban sudah masuk di angka 30 ton, karena alat berat yang mengaspal jalan itukan, sudah naik ke atas, tambah truk trontonnya, belum lagi mesin gilingnya itu sudah hampir 30 ton," katanya lagi.

Parlan menyebutkan, maksimal pembebanan jembatan hingga kini masih dalam tahap penghitungan.

"Nanti uji pembebanan itu kendaran berat akan kita jejerkan di atas jemabatan itu, akan dihitung batas maksimalnya berapa," ujarnya.

Kata Parlan, masyarakat tak perlu khawatir akan jembatan tersebut, meskipun pasca ambruknya jembatan tersebut pada Oktober 2020 lalu.

"Mobil sebesar truk tronton aspal aja sudah berdiri di situ, jadi kita hanya bisa kasi pembuktian saja kepada masyarakat yang masih meragukan jembatan tersebut," ujarnya.

"Nanti pas pembebanan boleh dilihat berapa kekuatan jemabtan itu. Kalau mobil truk tronton saja naik apalagi mobil mini biasa," tegas Parlan.

Diketahui sebelumnya jembatan Jerambah Gantung menghabiskan anggaran sebesar Rp 25.980.529.000. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved