Breaking News:

Inovasi Pertanian Modern: Gubernur Erzaldi Terapkan Teknologi Drone, Sebelum Musim Tanam April Nanti

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendorong inovasi dalam bidang pertanian dengan menerapkan teknologi drone pada sektor tersebut.

Julio Cesar AGUILAR / AFP
Ilustrasi - Inovasi Pertanian Modern: Gubernur Erzaldi Terapkan Teknologi Drone, Sebelum Musim Tanam April Nanti 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendorong inovasi dalam bidang pertanian dengan menerapkan teknologi drone pada sektor tersebut.

Menurutnya, kehadiran teknologi ini bertujuan agar transformasi ekspor pada komoditi pertanian serta efisiensi tenaga dan waktu petani agar semakin meningkat.

Dia mengatakan ini dilakukan guna mewujudkan provinsi Babel yang maju dan unggul di bidang inovasi agropolitan.

"Kita rencanakan penerapan teknologi ini sebelum masa tanam, yakni bulan April,"jelas Gubernur Erzaldi, Selasa (16/2/2021).

Ia menjelaskan komoditi pertanian saat ini dikembangkan di Babel berkategori membutuhkan lahan luas, seperti padi, sawit, dan lada.

Oleh karena itu, penggunaaan teknologi drone sendiri dapat memberikan banyak keuntungan serta manfaat bagi para petani.

"Beberapa di antaranya adalah memberikan gambaran tanaman mana saja yang sudah siap dibudidayakan, tanaman mana saja yang harus diberi pupuk, tanaman mana saja yang perlu diberikan perawatan khusus, antisipasi penyakit pada tanaman hingga mencegah kegagalan-kegagalan sebelum panen,"katanya.

Tidak hanya itu, sambungya, teknologi drone untuk pertanian juga mampu menyemprotkan obat dan menebar pupuk ke tanaman yang terserang penyakit atau hama.

"Tentunya, bantuan drone akan membantu hasil produksi petani semakin meningkat dan efisiensi tenaga dan waktu bagi para petani,"ujarnya. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: M Ismunadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved