Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kota Pangkalpinang Sudah Bisa Tes Covid-19 Lewat Swab PCR, Sehari Bisa Uji Sampel Segini

Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan Kota yang dapat memeriksa tes PCR akhirnya sudah dapat memeriksa sample swab Covid-19.

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Laboratorium Biomolekuler, Laboratorium Kesehatan yang dapat memeriksa tes polymerase chain reaction (PCR) akhirnya sudah dapat memeriksa sample swab Covid-19.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus M Hakim (MH). Hakim menyebut mulai hari ini Laboratorium Biomolekuler itu sudah bisa memeriksa dan mengeluarkan secara resmi hasil swab PCR.

"PCR Kota hari ini sudah mulai aktif, dan hari ini sudah mulai lakukan pemeriksaan. User ID dan Password-nya sudah kita dapatkan dari Kemenkes RI jadi hasil yang dikeluarkan sudah dapat diakui," kata Hakim kepada Bangkapos.com, Selasa (16/2/2021).

Namun Hakim menyebutkan, untuk awal pemeriksaan di minggu pertama ini sehari hanya ditargetkan merunning sebanyak 32 sample swab saja.

Untuk sementara, setengah sample masih dikirimkan ke Labkesda Provinsi Babel.

"Untuk tahap awal ini kita menghindari error, jangan sampai reagen terbuang, kalau suda lancar bisa 2x96 sampel seharinya. Jadi setengahnya masih kita kirimkan ke Labkesda Provinsi," ujarnya.

Hakim menyebutkan, mulai minggu depan baru bisa memeriksa kurang lebih 96 sample, hingga tak perlu lagi mengirimkan sample ke Labkesda Provinsi dan tak perlu menunggu waktu lama.

"Jadi mulai munggu depan baru kita maksimalkan, sehari kita bisa memeriksa 96 sample swab. Sehingga dengan seperti ini kita tidak perlu menunggu hasil lama lagi, daj fodak dikirimkan ke Labkesda," sebut Hakim.

Menurutnya, saat ini sudah ada seribu sample regent untuk 400 pemeriksaan sample Covid-19.

"Regent kami ada seribu sample jadi bisa untuk memeriksa 400 orang. Kalau sekarang kami adanya segitu, dan untuk selanjutnya nanti kami minta bantuan dari BPBD lagi," ungkap Hakim. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved