Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Gratis ! Calon Pengantin Dijemput Mobil Molen, Langsung Dapat  e-KTP dan Kartu Keluarga

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pangkalpinang, Abdul Rohim, Rabu (17/2/2021) memastikan, ada terobosan baru dalam memberikan pelayanan terhadap

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pangkalpinang, Abdul Rohim. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)   

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pangkalpinang, Abdul Rohim, Rabu (17/2/2021) memastikan, ada terobosan baru dalam memberikan pelayanan terhadap para calon pengantin.

Terobosan inovatif yakni berupa pemberian kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dan kartu keluarga (KK) secara langsung usai melakukan prosesi akad nikah, selain adanya buku nikah dan kartu nikah yang juga diberikan secara langsung.

"Jadi ini adalah inovasi dari Kemenag Kota Pangkalpinang bekerjasama dengan Dukcapil Kota Pangkalpinang, kita mengembangkan inovasi pelaksanaan nikah yang langsung terhubung dengan data kependudukan. Nanti pasangan nikah sesudah akad, akan langsung mendapatkan empat produk E-KTP, KK, buku nikah dan kartu nikah," ujar Abdul Rohim.

Namun untuk mendapatkan e-KTP dan KK secara langsung Abdul Rohim mengatakan, hanya bisa dilakukan saat melakukan akad nikah di KUA dan pada hari atau jam kerja, Senin hingga Jumat.

"Kalau hari kerja bisa langsung jadi karena bisa terhubung ke Dukcapil Kota Pangkalpinang sehingga bisa diinput dan diserahkan. Tapi kalau dilaksanakan di rumah dan di hari libur, maka prodak dari Dukcapil tidak bisa diambil karena tidak bisa diinput saat hari libur, jadi bisanya diterima di hari senin," jelasnya.

Abdul Rohim juga menyebutkan, tak hanya melakukan inovasi terobosan pada Pihak Dukcapil Pangkalpinang, namun pihaknya juga memberikan fasilitas pelayanan lain, yakni berupa antar jemput pasangan pengantin menggunakan Mobil Molen secara gratis.

"Jadi mobil ini akan jemput antar pasangan nikah, tanpa ada biaya tambahan jadi sudah luar biasa menikah ini. Kalau dari sejauh ini masyarakat responnya positif, karena ini merupakan pelayanan yang sangat membantu masyarakat," katanya.

Selain itu Abdul Rohim mengatakan, akan terus memberikan pelayanan, mengingat saat ini hanya tersedia satu Mobil Molen saja yang dapat digunakan.

"Pak Wali antusias jadi kita diberikan satu mobil, jadi masyarakat harus manfaatkan ini. Cuma saat ini memang cuma satu, jadi siapa yang daftar duluan yang bisa menikmati fasilitas ini. Ke depan juga berharap ada penambahan karena Pak Wali juga sebenarnya janji dua mobil, tapi karena ada Covid kita diberikan satu mobil, tapi kita sangat bersyukur atas bantuan ini," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved